Pendampingan Pembuatan MPASI Pada Bayi Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Puskesmas Batang Beruh Sidikalang

Main Article Content

Nurcahaya Nainggolan
Marta Imelda Br. Sianturi
Hilda Yani Karo Karo

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pendampingan pembuatan MPASI pada bayi sebagai salah satu upaya pencegahan stunting pada bayi/anak. Permasalahan yang dihadapi adalah banyak ibu bayi yang belum mengetahui bagaimana pembuatan MPASI yang baik dan benar yang disesuiakn dengan asupan gizi yang dibutuhkan anak di masa Golden Age. Hasil dari kegiatan ini adalah dimana para ibu bayi mengetahui dan memahami dengan baik tentang pembuatan MPASI baik secara teoritis maupun praktis. Sehingga ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita dapat memahami MPASI dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kedepannya, hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan ibu-ibu yang memiliki bayi balita dalam menyiapkan MPASI sehingga ibu-ibu di Indonesia dapat berperan dalam menurunkan angka kejadian stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anandita, M. Y. R., & Gustina, I. 2022. Pencegahan Stunting Pada Periode Golden Age Melalui Peningkatan Edukasi Pentingnya MPASI. Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 79–86

Kemenkes RI. 2011. Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta: Direktorat Bina Gizi

Majestika, S. 2018. Status Gizi Anak Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Edisi ke-1. Yogyakarta: UNY Press

Rasyid, N. (2023, November 16). Walau Prevalensi Stunting Turun di Sumut, Masih Ada 5 Kabupaten dengan prevalensi di atas 30%. Retrieved from Keluarga Indonesia: https://keluargaindonesia.id/2023/11/16/walau-prevalensi-stunting-turun-di-sumut-masih-ada-5-kabupaten-dengan-prevalensi-di-atas-30

Sumardilah, DS, et.al. 2018. Pelatihan Pembuatan MPASI Who Berbasis Pangan Lokal Bagi Kader Posyandu Dan Ibu Baduta Di Desa Sidosari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sakai Sambayan. 2(2)

Yunita FA, et.al. 2019. Model Pemberdayaan Ibu Balita Tentang MPASI Di Kelurahan Wonorejo Kabupaten Karanganyar. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. 7(1)