Manfaat Konsumsi Daun Kemangi Saat Hamil Dalam Pencegahan ISPA Pada Anak Di Klinik LMT. Siregar

Main Article Content

Idaria R Sidabukke
Mestika Lumbatoruan

Abstract

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah, disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri. ISPA akan menyerang host apabila ketahanan tubuh (immunologi) menurun. Salah satu langkah pencegahan yang dapat dipertimbangkan adalah konsumsi daun kemangi selama kehamilan. Daun kemangi dikenal mengandung senyawa-senyawa seperti vitamin C, vitamin A, dan zat antioksidan, yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Meskipun demikian, sebaiknya perempuan hamil berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan daun kemangi ke dalam diet mereka, untuk memastikan keamanan dan kesesuaian dengan kondisi kesehatan individu. Walking Pneumonia  ini diawali dengan pneumonia ringan yang dapat mengancam jiwa bagi sebagian orang, khususnya pada anak anak. Anak-anak yang diserang dengan pneumonia berjalan ditandai dengan perasaan sangat lelah dan lesu, namun mereka masih dapat melakukan  aktivitas normal sehari-hari. Virus atau bakteri yang terdapat pada Penyakit Walking Pneumonia paling umum  yaitu bakteri M.Pneumoniae (Mycoplasma pneumoniae). Hal Ini terjadi pada anak usia sekolah, dengan kondisi gejala batuk disertai dengan pilek. M. Pneumoniae dapat menyebar dengan mudah pada anak-anak. Hal ini terutama berlaku ketika mereka berada dalam kontak dekat satu sama lain, seperti di rumah yang sama, di sekolah, atau diperkemahan. Kuman ini dapat menyebar melalui tetesan udara dari bersin, batuk, atau berbicara. Ini paling sering menyebar pada musim gugur dan musim dingin.Berdasarkan Hasil Penelitian Pada tahun 2024, kesehatan ibu hamil dan bayi mengalami penurunan terlihat dari data kejadian Stunting yang mengalami penurunan dari 24,4 % turun menjadi 21,6 %. Namun Hal ini masih jauh dari apa yang diharapkan oleh pemerintah sesuai dengan arahan dari Bapak presiden RI untuk menurunkan kejadian  dengan target menjadi 14 % pada tahun 2024. Dalam Hal ini penyusun melakukan kajian untuk menurunkan angka kejadian Stunting dan meningkatkan kesehatan ibu hamil dengan pemamfaatan Daun Kemangi merupakan prioritas utama dalam pencegahan penyakit paru yang merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan juga bayi baru lahir. Dengan berjalannya penyebaran virus walking Pneumonie yang berlanjut ini, peran daun kemangi dalam pencegahan ISPA juga berkaitan erat salah satu komplikasi serius dari infeksi saluran pernapasan. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa senyawa-senyawa aktif dalam daun kemangi memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi pernapasan, termasuk walking pneumonia. Peningkatan kekebalan tubuh ibu hamil melalui konsumsi daun kemangi dapat memberikan perlindungan tambahan bagi janin, mengurangi risiko komplikasi kesehatan pada bayi yang lahir nanti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Berg, A. T., & Shinnar, S. (1996). Complex febrile seizures. Epilepsia, 37(2), 126–133.Daryono, E.D.,Pursitta, A.T.,& Isnaini, A.(2017). Ekstraksi Minyak Atsiri Pada

Tanaman Kemangi dengan Pelarut N-Heksana .Jurnal Teknik Kimia,9(1),1-7.

Galang,M.P.(2013).Uji efektivitas daya bunuh hand sanitizer terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus [skripsi].Semarang:Universitas Muhammadiyah Semarang.

Guntur, A.,Selena,M.,Bella, A.,Leonarda,G.,Leda, A.,Setyaningsih,D.,Riswanto,F.D.

O.(2021) Kemangi (Ocimum basilicum L.): Kandungan Kimia, Teknik Ekstraksi, dan Uji Aktivitas Antibakteri. Journal of Food and Pharmaceutical Sciences, 9(3),513–528.

Habiba, S. A., Tilarso, D. P.,& Putri, A. E. (2022). Pengaruh Konsentrasi Karbomer-940pada Sediaan Emulgel Minyak Zaitun dan Ekstrak Daun Kelor: Effect of Carbomer-940 Concentration on Olive Oil Emulgel and Moringa Leaf Extract Preparations.JurnalSainsdan Kesehatan, 4(2), 138-146.

Ijana,I.,Eka,N.L.P.,&Lasri,L.(2017). Analisis Faktor Resiko Terjadinya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Pada Balita DiLingkungan Pabrik Keramik Wilayah Puskesmas Dinoyo,Kota Malang. Nursing News:Jurnal Ilmiah Keperawatan,2(3).

Kemetenterian Kesehatan Republik Indonesia. (2001). Situasi Diare di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Komariah,N.(2013). Isolasi senyawa aktif antioksidan dari ekstrak Etil Asetat Herbal Kemangi (Ocimum americanum L.).

Maylia,N.(2014).Daun kemangi (ocinumannum) sebagai alternatif pembuatan hand sanitizer. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 136-142.

Nurwahidah,N.,&Haris,A.(2019).Pengetahuan Orangtua Berhubungan Dengan Kejadian ISPA Pada Balita Di Puskesmas Kumbe Kota Bima. Jurnal Keperawatan Terpadu(Integrated Nursing Journal), 1(2),9.

Qiyaam,N.,Furqani,N.,& Febriyanti,A.(2016).Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Penyakit Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Pada Balita Di Puskesmas Paruga Kota BimaTahun 2016.Jurnal Ilmiah Ibnu Sina,1(2), 235–247.