Sosialisasi Pemadanan NIK sebagai NPWP dalam Langkah Konkrit untuk Peningkatan Kepatuhan Pajak di Universitas Sari Mutiara Indonesia

Main Article Content

Renika Hasibuan
Anggi Pratiwi Sitorus
Heri Enjang Syahputra

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan langkah-langkah konkrit dalam sosialisasi pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kepatuhan pajak di lingkungan Universitas Sari Mutiara Indonesia (USMI). Melalui analisis situasional, teridentifikasi bahwa kesadaran akan pentingnya pajak telah ditanamkan dalam komunitas kampus, tetapi masih terdapat tantangan terkait pemahaman dan implementasi konkret terkait pemadanan NIK sebagai NPWP. Langkah-langkah konkrit yang diusulkan mencakup kampanye edukasi, kolaborasi dengan otoritas pajak setempat, dan penyediaan fasilitas dan layanan yang memudahkan proses pemadanan. Diharapkan bahwa implementasi strategi ini akan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak di USMI, menciptakan lingkungan yang lebih berkontribusi pada pembangunan negara secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amalia, M. R., Murdiati, S., Sulistyani, T., Herwinarni, Y., Amirah, A., Susilawati, A. D., ... & Hapsari, B. D. (2023). EDUKASI MODERNISASI ADMINISTRASI PAJAK: NIK MENJADI NPWP. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8455-8461.

Andriyanto, W., Desriani, N., Syafis, K. S., Octary, A. D., & BR, A. D. M. (2024). PENINGKATAN KEPATUHAN PAJAK MELALUI WEBINAR: ANALISIS PEMADANAN NIK-NPWP DAN PERHITUNGAN PPH 21 TERBARU. BEGAWI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31-36.

Hasibuan, R., & Sitorus, A. P. (2022). Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Toko Nando Perabot Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 393-397.

Sitorus, A. P., & Purba, R. C. (2023). Pengaruh Beban Pajak, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Jurnal EMT KITA, 7(1), 229-237.