Quillbot Sebagai Media Edukasi Bagi Guru UPT SDN 060883 Kota Medan

Main Article Content

Rianto Sitanggang
Immanuel H G Manurung
Harold Situmorang

Abstract

 Quillbot sebagai media edukasi  bagi guru untuk  pendidikan dimana para guru masih sangat jarang mendapatkan dukungan dan kesempatan dalam mengembangkan keterampilan. Pelatihan Kegiatan Quillbot ini kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis guru Sekolah Dasar Negeri 060883 Medan, dengan aplikasi Quillbot dapat membekali mereka dengan kemampuan dalam menulis untuk membantu menghasilkan teks yang lebih bagus dan mudah dimengerti. Pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan guru-guru dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tulisan para peserta guru dalam penggunaan Quillbot dievaluasi, dengan penggunaan Quillbot ini, tulisan mereka menunjukkan peningkatan kualitas yang baik, tata bahasa, dan struktur. Peserta selama pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa keterampilan menulis mereka rata-rata berada pada tingkat menengah. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan memandang Quillbot untuk digunakan dengan berbagai manfaat yang mempermudah untuk koreksi tatabahasa secara instan dan farafrase yang memadai. Selain ini, juga aplikasi ini merekomendasikan pendeteksian similaritas bagi pengguna. Peserta juga mengatakan bahwa alat ini sangat bermanfaat bagi mereka dalam belajar kata yang serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

J., Surgawi, T., & Joebagio, H. (2018). TEKNODIKA Analisis Kualitas Terjemahan dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia (Vol. 16, Issue 02).

Mondry. 2008. Pemahanam Teori dan Praktek Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

https://www.mediapustaka.id/2022/04/quillbot-aplikasi-parafrase-otomatis.html

https://parekampunginggris.co/mengenal-quillbot-aplikasi-parafrase-online-dan-cara-penggunaan/

https://ciroapp.com/id/quillbot-review/

Fitria, T. N. (2021). QuillBot as an online tool: Students’ alternative in paraphrasing and rewriting of English writing. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities,