Workshop Produksi Konten Video Keunggulan Desa sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Promosi Pariwisata Jatigede

Main Article Content

Rinda Aunillah
Nadia Febriani

Abstract

Potensi Pariwisata tersebut perlu digali oleh masyarakat sekitar Waduk Jatigede. Sayangnya, setelah diresmikan pada tahun 2015, masyarakat Kecamatan Jatigede belum mengoptimalkan potensi ekonomi akibat dari lemahnya kemampuan mempromosikan potensi wisata Kawasan Jatigede. Melalui Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) “Unpad Bermanfaat” yang diselenggarakan Program Studi Manajemen Produksi Media (Prodi MPM)-Fikom Unpad, diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan dan kesadaran terhadap potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di sekitar waduk. Metode   pelaksanaan   kegiatan   pengabdian ini adalah metode workshop. Kegiatan pengabdian berupa workshop bertujuan untuk memberikan pengetahuan teknik pengambilan gambar dengan memaksimalkan setiap fitur dan fungsi yang ada pada smartphone yang telah dimiliki oleh peserta. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam dua sesi pada 19 dan 26 Oktober 2023, melibatkan dosen pengampu dan dosen praktisi di Program Studi Manajemen Produksi Media sebagai narasumber. Workshop ini menghasilkan tujuh video karya warga perwakilan dari Desa Cipicung, Desa Cijeungjing, Desa Jemah, Desa Karedok, dan Desa Kadujaya; serta perwakilan Kecamatan Jatigede. Seluruh konten video berisi keunggulan desa setempat yang dapat dipublikasikan ke platform media sosial Instagram, Facebook, dan TikTok sebagai konten promosi pariwisata.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asti, W. (2018). Inisiasi Ekowisata Waduk Jatigede di Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 12(3), 167–178. https://doi.org/10.33378/jppik.v12i3.107

Budiarti, I., Iffan, M., Mahardika, K., Seftiani, S., Warlina, L., & Sufa’atin, S. (2021). Kajian Model Pengembangan SDM Pariwisata Di Kawasan Jatigede Kec. Darmaraja Kab. Sumedang. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 2(1), 99–107. https://doi.org/10.34010/icomse.v2i1.4706

Djuwendah, E., Hapsari, H., Deliana, Y., & Suartapradja, O. S. (2017). POTENSI EKOWISATA BERBASIS SUMBERDAYA LOKAL DI KAWASAN WADUK JATIGEDE KABUPATEN SUMEDANG. Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 5(2), 51. https://doi.org/10.35138/paspalum.v5i2.6

Mathory, E. A. S., & Syahna, S. (2022). DAMPAK VIDEO PROMOSI OBJEK WISATA PADA PENINGKATAN PENGUNJUNG DEWI SRI WATERPARK. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 4(2), 105–119. https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/522

Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. MEDIUM, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412

Suprayekti, S., & Anggraeni, S. D. (2017). PELAKSANAAN PROGRAM WORKSHOP BELAJAR EFEKTIF UNTUK ORANG TUA. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 129–136. https://doi.org/10.21009/JIV.1202.5