Peningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Melalui Penerapan Manajemen Konflik

Main Article Content

Adventy Riang Bevy Gulo
Masri Saragih
Henny Syapitri

Abstract

Rumah sakit ialah suatu instansi untuk setiap orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan keperawatan. Namun tidak dapat dipungkiri didalam dunia pekerjaan pastinya sebagian besar perawat antar perawat maupun perawat antar tim kolaboratif lainnya di pelayanan rumah sakit mengalami konflik atau hal – hal yang tidak diinginkan terjadi. Oleh sebab itu konflik harus ditangani dan dikelola dengan sebaik – baiknya  untuk perkembangan suatu organisasi atau individu untuk mendapatkan pelayanan keperawatan yang berkualitas. Pelayanan keperawatan menjadi sangat penting terlebih lagi pelayanan keperawatan sering dijadikan tolok ukur sebuah citra rumah sakit dimata masyarakat, sehingga menuntut adanya profesionalisme perawat pelaksana maupun perawat pengelola dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Peningkatan kualitas pelayanan keperawatan melalui penerapan manajemen konflik di Rumah Sakit Umum Advent Medan. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah dengan memberikan sosialisasi penerapan manajemen konflik. Materi disampaikan dalam bentuk ceramah dan diskusi. Pelaksanaan sosialisasi diawali dengan pembukaan meliputi penyampaian salam, perkenalan diri, menjelaskan topik sosialisasi, menjelaskan tujuan, kontrak waktu, dilanjutkan penyampaian materi, evaluasi dan terminasi. Kegiatan pengabdian diikuti oleh 30 orang peserta. Antusias peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi dibuktikan selama acara berlangsung, para perawat terlihat sangat antusias. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah 76,7% peserta telah mampu memahami dan menjelaskan tentang penerapan manajemen konflik secara mandiri dan 80% peserta sudah menerapkan manajemen konflik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agritubella, S. M. (2018). Kenyamanan Dan Kepuasan Pasien Dalam Proses Interaksi Pelayanan Keperawatan Di Rsud Petala Bumi. Jurnal Endurance, 3(1), 42. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2040

Asnawati, R., & A.Lihu, F. (2021). Hubungan Manajemen Konflik Dengan Kinerja Perawat Di Ruangan Rawat Inap Rsud. Dr. Hasri Ainun Habibi Provinsi Gorontalo. Jurnal Zaitun Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Ilmiah, K., Talenta, H., Telaumbanua, N., Studi, P., Ilmu, M., Keperawatan, F., & Utara, U. S. (2019). Kemampuan Pemimpin Keperawatan Dalam Melakukan Manajemen Konflik Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan. 1–10.

Kristan, K., Hidayah, N., & Farid Abidin, M. (2020). Strategi Manajemen Konflik Dimasa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Keperawatan Kota Makassar. Jurnal Kesehatan, 13(2), 97. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v13i2.17754

Mariana, D. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Rawat Inap dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien Untuk Memilih Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Multi Scinece Kesehatan, 10(2), 145–162. https://osf.io/4stbx/download

Muhammad, I. (2021). peranan komite etik dan hukum menurut permenkes nomor 42 tahun 2018 dirumah sakit jiwa prof. HB. SAANIN. 1–23.

Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M. P. (2018). MANAJEMEN KONFLIK DAN STRES.

Rahmadhani, M., Bachri, Y., Adri, R. F., & Susanti, E. (2021). Gambaran Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi Tahun 2021. 3(2), 227–232.

Rawat, P., Di, I., Stella, R., & Medan, M. (2022). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSIA STELLA MARIS MEDAN. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, 9(1).

Saputra, M. A. S. (2021). Manajemen Konflik Sebagai Strategi Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Rsud. Jurnal Aisyiyah Medika, 6, 71–92.

Setting, C. (2021). REVIEW MANAJEMEN KONFLIK KEPERAWATAN DI TATANAN KLINIS : STUDI LITERATUR. 2(1), 1–7.

Sifananta. (2019). Hubungan manajemen konflik dengan produktivitas kerja perawat pelaksana di RS Paru Jember. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wijayanti, E. T. (2019). GAYA MANAJEMEN KONFLIK PERAWAT PELAKSANA DI RSM AHMAD DAHLAN KOTA KEDIRI. Ilmu Kesehatan, 8, 1–11.

A, Aziz, Hidayat. (2011). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (6th ed.). Jakarta: salemba medika.

Rudi. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. R.M Pratomo

Daniyanti. (2016). Hubungan Manajemen Konflik Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat inap Kelas III RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Leni. (2017). Hubungan Kualitas pelayanan keperawatan Dengan Kepuasan pasien di Ruang Inap Rumah Sakit rachma Husada Bantul

Nursalam. 2011. Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika

Nidya, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Baitul Hikmah Gemuh Kendal. Sarjana (S1/D4) Thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(2), 40–51.

Suryani, K. (2018). Gambaran Efektivitas Metode Tim Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruan g Rawat Inap Rumah Sakit Myria Palembang. 1, 116– 126Agritubella, S. M. (2018). Kenyamanan Dan Kepuasan Pasien Dalam Proses Interaksi Pelayanan Keperawatan Di Rsud Petala Bumi. Jurnal Endurance, 3(1), 42. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2040