Peningkatan Pengetahuan terhadap Ketidakseimbangan Cairan Edema

Main Article Content

Antonij Sitanggang
Elida Sinuraya
Idahwati
Estella D.S
Michela N.S
Hendro P. H

Abstract

Edema adalah istilah medis untuk pembengkakan yang disebabkan oleh cairan yang terperangkap di jaringan tubuh. (Nama, tahun). Edema paling sering terjadi di kaki, pergelangan kaki, dan tungkai, namun dapat juga memengaruhi bagian tubuh lainnya, seperti wajah, tangan, dan perut. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini adalah sebagai upaya pengenalan dan peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap edema. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menggunakan metode ceramah dengan teknik presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Kegiatan pengabdian mendapatkan respon positif, hal ini terlihat dari ketertarikan mereka dalam bertanya dan juga antusias dalam menjelaskan kembali materi penyuluhan yang sudah diberikan. Agar dilakukan penyuluhan kepada para mahasiswa non kesehatan di lingkungan kampus tentang pengaturan intake dan output cairan sehingga mereka dapat memahaminya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya pencegahan terjadinya edema. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Eddy, W. (2022). Balans Cairan: Maksud, Cara Hitung, dan Manfaatnya. Dikutip dari: https://www.kavacare.id/balans-cairan-maksud-cara-hitung-dan-manfaatnya/.

Iqbal, M. A. (2023). Cardiogenic Pulmonary Edema. Dikutip dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK544260/.

Maegan, W. (2022). Edema Nursing Diagnosis & Care Plan. Dikutip dari: https://www-nursetogether-com.translate.goog/edema-nursing-diagnosis-care-plan/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc.

Manggasa, N. d. (2023). Penerapan Rendam Air Kencur Hangat pada Kaki Untuk Mengurangi Edema Fisologis pada Asuhan Keperawatan Ibu Hamil di Puskesmas Kayamanya. Madago Nursing Journal, 40-41.

Profesional Medis Klinik Cleveland (2022). Edema, Causes, Symptoms & Treatment. Dikutip dari: https://my-clevelandclinic-org.translate.goog/health/diseases/12564-edema?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc&_x_tr_hist=true.

Riska, W. M., Noor, M. A., Suyanto, & Wahyuningsih, I. S. (2023). Effect Of The Combination Of Ankle Pump Exercise And 30° Foot Elevation On Foot Edema In CKD Patients . Jurnal Keperawatan Sisthana, 1.

Tim Medis Siloam International Hospitals (2023). Edema - Penyebab, Gejala, dan Langkah Penanganannya. Dikutip dari: https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-edema.

Ustinerz. (2022). Cara Menentukan Derajat Edema. Dikutip dari: https://gustinerz.com/gangguan-pemenuhan-kebutuhan-oksigenasi/.