Pemanfaatan Tempurung Kelapa PT. Eramas Coconut Industries Sebagai Bio-arang

Main Article Content

Mahyuni Harahap
Vivi Purwandari
Adiansyah
Susi Santriani Waruwu
Faerizisokhi Telambanua
Suryanti Laia

Abstract

Tanaman  kelapa  merupakan  tanaman  serbaguna  atau  mempunyai  nilai ekonomis  yang  tinggi, seluruh  bagian  pohon  kelapa dapat  dimanfaatkan  untuk  kepentingan  manusia. Krisis  energi yang saat ini terjadi  memicu  eksplorasi  besar -besaran  terhadap  berbagai  sumber  energi alternatif jika bahan bakunya berasal dari limbah dan sampah. Limbah tempurung kelapa dan sabut kelapa dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi alternatif yakni briket bioarang. Pemanfaatan  tempurung  kelapa sebagai bioarang memberikan kontribusi antara lain dalam peningkatan pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui  analisis  pemanfaatan  tempurung  kelapa  sebagai briket bioarang dan peningkatan nilai jual dari briket bioarang yang dapat menjadi salah satu sumber pendapatan yang bernilai jual bagi masyarkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Basuki, N., & Suhardi. (2020). Pengelolaan Kelapa Terpadu Zero Waste Di Desa Lembah Asri Kecamatan Weda Selatan. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 01(02), 231–239.

Hasnun, N., Made, A., & Alimuddin, L. (2015). Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Kelapa Menjadi Kopra Di Desa Bolubung Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Agrotekbis, 3 (4), 532–542.

Indahyani, T. (2011). Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Pada Perencanaan Interior Dan Furniture Yang Berdampak Pada Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Humaniora, 2 (1), 15–23.