PEMANFAATAN SISA SAYUR DAN BUAH MENJADI EKOENZIM DI DESA NAGORI BANGUN

Main Article Content

Maniur Arianto Siahaan
Erdiana Gultom
Vivi Purwandari
Muhammad Mukmin
Fabianus Siwanahono
Edison Halawa

Abstract

Mitra dari Pengabdian pada Masyarakat ini adalah Desa Nagori Bangun. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah mengedukasi masyarakat mengenai cara membuat ecoenzym dengan memanfaatkan kembali sisa-sisa sampah organik rumah tangga terutama sisa sayuran untuk diolah menjadi ecoenzym. Metode pelaksanaan yang digunakan ada 2 tahapan yaitu : 1) Tahap Persiapan meliputi : Penyiapan bahan paparan, Diskusi dan sharing dengan anggota tim, Pencarian bahan paparan di internet dan buku, Penyiapan kuisener., dan Persiapan bahan untuk demonstrasi/praktek pembuatan ecoenzym, II) Tahap Pelaksanaan PkM di lokasi mitra : Penyebaran kuisener sebelum paparan, Pemaparan bahan paparan kepada masyarakat Desa Pandan Dulang, Praktek Pembuatan Ecoenzym dan Penyebaran kuisener setelah paparan. Target yang diharapkan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai cara pembuatan dan manfaat ecoenzym yang dapat dibuat dari sampah sisa sayuran dan buah rumah tangga sehari-hari. Target ini tercapai, hal ini dapat dilihat dari hasil kuisioner yang disebar sebelum dan sesudah kegiatan PkM.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Norhidayat, A. Brunner, I. & Brunner, S.M. (2021). Pengolahan Sampah Organik dan Limbah Biomassa dengan. Teknologi Olah Sampah di Sumbernya. Serambi Engineering, 4(3), 2085-2095.

Satori, M. Prastyaningsih, E. Srirejeki, Y. Ulfah, T.H.N. Nurmalasari, N.R. & Nuralam, L. (2021). Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Metode Bata Terawang. ETHOS Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 135-145.

Septiani, U. Najmi. & Oktavia, R. (2021). Eco Enzym : Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Produk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebajikan. Seminar Pengabdian Masyarakat Universitas Muhamadiyah Jakarta. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Yulistia, E. & Chimayati, R.L. (2021). Pemanfaatan Limbah Organik menjadi Ekoenzim. UEEJ Unbara Environmental Engineering Journal, 2(1), 1-6.