PENYULUHAN DAUN CINCAU SEBAGAI OBAT DIABETES MELITUS PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA PUKESMAS PB SELAYANG II

Main Article Content

Fitria Fitria
Dwi Meida Fitria
Imelda Sari
Weny Widiya
Nurul Rahmi
Nurbaya Mentari
Ester Sasminta D. Mendrofa

Abstract

Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Tujuan penyuluhan ini untuk menambah pengetahuan mengenai obat tradisional daun cincau sebagai obat diabetes mellitus. Kegiatan penyuluhan dilakukan bertempat Di Posyandu Lansia Pukesmas PB Selayang II. Adapun hasil yang di dapat dari kegiatan ini adalah lansia dapat tambahan pengetahuan tentang obat tradisional dan lebih memahami tentang pentingnya penggunaan tanaman obat tradisional, dan lebih mengetahui manfaat dan cara penggunaan dari tanaman daun cincau sebagai obat diabetes mellitus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Dinkes RI. 2020. Kriteria Dan Tata Laksana Pendaftaran Obat Tradisional, Obat Herbal Terstandar Dan Fitofarmaka. Jakarta

Dinkes. 2019. Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Tahun 2017 – 2022. Pringsewu

MHA, T.E, 2005. Penyakit Degeneratif. Jakarta: Kesehatan Keluarga

Zahra, F., Budhiarta, A.G., & Pangkahila, W. 2017. Pemberian ekstrak daun cincau (Mesona palustris BL) oral meningkatkan jumlah sel β pancreas dan menurunkan gula darah puasa pada tikus putih (Rattus norvegicus)

jantan galur Wistar diabetes. Universitas Udayana Denpasar