Sosialisasi Dan Simulasi Alat Pencatat Aktivitas Jantung Menggunakan Arduino Uno Berbasis Android

Main Article Content

Fitria Priyulida
Khairil Abdillah
Hotromasari Dabukke

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatar belakangi yaitu Aktivitas listrik jantung menjadi dasar elektrokardiograph (EKG) dalam mengamati kondisi jantung, rangkaian EKG terdiri dari penguat biopotensial dari sebuah instrument EKG, pencatatan aktifitas jantung masih menjadi beban bagi dunia medis dalam penggunaan dan hasil dari output yang diharapkan. Pada proposal ini sinyal biolistrik yang diterima dari EKG akan dikontrol melalui arduino ,dan data yang diterima melalui arduino akan dikirimkan melalui Bluetooth dan akan ditampilkan pada display android, Bluetooth berfungsi sebagai pengirim dan penerima data(RX,TX). Hasil  yang dikeluarkan oleh android merupakan tampilan grafik yang dapat disimpan dalam bentuk gambar dalam format JPEG secara berkala atau real time sehingga memudahkan dan mengurangi penggunaan kertas dalam melakukan pencetakan grafik yg ada pada EKG pada umumnya yang masih menggunakan kertas sebagai hasil output.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, R. IGAP. 2005. Realisasi Elektrokardiograf Berbasis Komputer Personal untuk Akuisisi Data Isyarat Elektris Jantung. Jurnal Teknik Elektro. Vol.4, No.1. Hal.14-19.

Chen, C.H, Pan, S.G and Kinget, P., 2008, ECG Measurement System, (http://www.cisl.columbia.edu/kinget_group/student_projects/ECG%20Re port/)

Towsend, N. 2001. Medical Electronic: ECG Instrumentation. http://www.robots.ox.ac.uk /neil/teaching/lecture/med_elec.

Gunawan, Hanapi. 2011. Alat Ukur Memperagakan Irama Denyut Jantung Sebagai Bunyi Dan Pengukur Kecepatan Denyut Jantung Melalui Elektroda Pada Telapak Tangan. Electrical Engineering Journal.Vol2 .No.1 munir,Rinaldi.2002.Algoritma dan Pemrograman.Bandung:Informatika.

Al-Bahra bin Ladjamuddin. B, Pemrograman Terstruktur, Perguruan Tinggi Raharja, 2004.

Roger S. Pressman., Software Engineering, A Beginner’s Guide, Mc. Graw Hill, 1998.

http://ponselhp.blogspot.com/2011/10/cara-termudah-memahami-strukturandroid.html

http://ekky-informatics.blogspot.com/2011/05/struktur-sistem-operasiandroid.html