Soalisasi Dan Simulasi Centrifuge Berbasis Arduino At Mega 16 Dengan Pembacaan Timer Dan Suhu Pada Motor

Main Article Content

Khairil Abdillah
Mhd. Aldi Primasyukra
Sri Ulina

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatar belakangi yaitu Centrifuge adalah alat yang digunakan untuk memisahkan cairan menurut berat jenisnya, alat ini digunkan di ruang laboratorium untuk memisahkan sampel seperti darah, urine, dan lain-lain. Komponen utama Centrifuge adalah motor C yang berfungsi memutar sampel dengan gaya centrifugal dengan kecapatan dan waktu yang sudah ditentukan. Sensor yang digunakan adalah sensor optocoupler yang berfungsi untuk mengetahui kecepatan motor, driver motor digunakan untuk mengatur kecepatan motor sesuai keinginan user, lcd berfungsi untuk menampilkan kecepatan motor dan timer, buzzer akan berbunyi ketika proses pemisahan sampel telah selesai, keypad sebagai inputan kecepatan dan timer dan juga pengecekan suhu pada motor.Oleh karena itu, program PkM bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan melatih user (pengguna alat) menguunakan alat centrifuge berbasis arduino at mega16. Metode yang digunakan ialah sosialisasi dan pelatihan. Khalayak sasaran yang dilibatkan ialah masyarakat  umum, guru, sisawa/i, user, mahasiswa/I dan teknisi di rumah sakit. Beberapa hasil yang dapat disimpulkan dari pelaksanaan program PkM ini ialah khalayak sasaran dapat memahami hal-hal berupa pentingnya pengetahuan dan sangat antusias dalam mengikuti sosialiasai dan pelatihan merancang bangun kecepatan putaran pada centrifuge berbasis at mega 16. kesimpulan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital khalayak sasaran dapat dikatakan meningkat. Adapun kesimpulan yaitu Alat dalam keadaan bagus dan layak pakai dan user mampu dalam merangkai dan menggunakan alat centrifuge dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Faqih Imam (2017 ) Monitoring Motor Induksi Terhadap Temperatur dan Getaran Motor

Mengunakan Arduino Uno. Universitas Brawijaya, Malang

Panjaitan, Berkat ( 2018 ). Rancang Bangun Pewaktu Centrifuge Dengan Tampilan Seven Segment Berbasis Mikrokontroler At89s51. Jurnal Darma Agung, Medan.

Sahil, Muhammad (2018). Perancangan Arduino AT mega16 dengan pembacaan waktu. Semarang, Universitas Negeri Semarang

Agriansyah.,2017, Centrifuge Berbasis Microcontroler ATMega16. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Afgianto Eko Putra, 2004, Belajar Mikrokontroler AT89S51/52/53 Teori Dan Aplikasi, edisi 2, Gava Media, Yogyakarta.

Ali, M. (2012). Kontrol Kecepatan Motor DC Menggunakan PID Kontroler Yang

Ditunning Dengan Firefly Algorithm. Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik Dan Terapan, 3(2), 1–10.

A. A. Makarim, T. Sukmadi, and B. Winardi, “Analisis Ketidakseimbangan Tegangan Dan Kenaikan Suhu Pada Motor Induksi 3 Fasa Akibat Gangguan Single-Phasing,” Transmisi, 2016.