Sosialisasi Dan Simulasi Kecepatan Putaran Hotplate Magnetic Stirrer Berbasis Arduino Uno

Main Article Content

Salomo Sijabat
Hotromasari Dabukke
Fitria Priyulida

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilator belakangi yaitu Kecepatan Putaran Hotplate Magnetic Stirrer Berbasis Arduino Uno.Yang berfungsi sebagai  mengaduk dan memanaskan larutan satu dengan larutan lain yang bertujuan untuk membuat suatu larutan homogen dengan bantuan pengaduk batang Magnet (Stir Bar). Tujuan dari PkM ini adalah  memberikan pengetahuan kepada user tentang HotPlate Magnetic Stirrer Dengan Pengaturan Kecepatan Putaran  400 Rpm dan Untuk mengetahui keakurasian kecepatan putaran Hotplate Magnetic Stirer. Hasil pengujian menunjukkan Kecepatan Putaran Hotpate Magnetic Stirrer Berbasis Arduino Uno, kecepatan putaran rpm sesuai dengan settingan dan seluruh anggota yang berpatisipasi dalam kegiatan ini memahami dan mampu menjelaskan tentang alat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Andyana. 2022. Alat HotPlate Magnetic Stirrer Berbasis Arduino Uno. Unmuh:Jember.

Irsyad. 2016. Perancangan Alat Magnetic Stirrer Dengan Pengaturan Kecepatan Pengaduk Dan Pengaturan Waktu Pengadukan. J Infact 2016.

Istianah. 2017. Alat HotPlate Magnetic Stirrer Berbasis Mikrokontroler ATMega328P.

Junaidi. 2020. Kontrol Kecepatan dan Temperatur dengan Teknik Pulse Width Modulation untuk Aplikasi Hotplate Stirrer Berbasis Arduino. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Lampung, Bandar Lampung-Indonesia.

Pradana. 2016. Stirrer Magnetic HotPlate dilengkapi Sensor Infrared. Surabaya: Program Studi Teknik Elektromedik Poltekkes Kemenkes .

Prasetyo. 2020. Peranc angan Sistem Pengontrolan Suhu dan Kecepatan Pengadukan Pada Magntic Stirrer Multi Hotplate. Prodi S1 Teknik Fisika, Fakultas Teknik, Universitas Telkom.