Edukasi Akurasi Alat Termometer Non Contact Menggunakan Infra Red Dengan Termometer Digital

Main Article Content

Salomo Sijabat
Hotromasari Dabukke
Harold Situmorang

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatar belakangi yaitu penggunaan alat Termometer sangat tinggi di Rumah sakit, laboratorium dan kurangnya kemampuan user dalam mengatasi masalah sederhana yang dapat menganggu pelayanan/terhambatnya pada saat penggunaan alat tersebut. Termometer non contact berfungsi untuk mengukur sampel berupa darah. Oleh karena itu, program PkM bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan melatih user (pengguna alat) melakukan pemeliharaan preventif alat Terrmometer non contact .Metode yang digunakan ialah sosialisasi dan pelatihan. Khalayak sasaran yang dilibatkan ialah user,mahasiswa/I dan teknisi di rumah sakit Beberapa hasil yang dapat disimpulkan dari pelaksanaan program PkM ini ialah khalayak sasaran dapat memahami hal-hal berupa pentingnya pengetahuan dan sangat antusias dalam mengikuti sosialiasai dan pelatihan pemeliharaan preventif alat Termometer non contact, mulai dari Pengecekan alat dan aksesoris, penyusunan standart operasional prosedur alat (SOP), pengoperasian, kalibrasi dan pemeliharaan. kesimpulan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital khalayak sasaran dapat dikatakan meningkat. Adapun kesimpulan yaitu Alat dalam keadaan bagus dan layak pakai dan user mampu dalam melakukan pemeliharaan preventif

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adrianto AA, Basyar E. Kesesuaian Termometer Inframerah Dengan Termometer Digital Terhadap Pengukuran Suhu Aksila Pada Usia Dewasa Muda. 2018;7(2):1041–8.

Akinloye BO, Onyan AO, Oweibor DE. Design And Thermometer Implementation With Of Digital Clock. 2016;15:1–10.

Arifin B. Aplikasi Sensor Passive Infrared (PIR) …. 2013;(2011):39–44.

BENJAMIN O. A, AARON O. O, DONALDSON E. O. Measuring body temperature. Glob J Eng Res [Internet]. 2016;15:1–10. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23240273

Galileo Galilei, Toscana, 15 Februari 1564

Steven J, Zebua D, Suraatmadja MS, Qurthobi A. Perancangan Termometer Digital Tanpa Sentuhan Mlx90164 Infrared Temperature Sensor Arduino Uno R3. 2016;3(1):43–8.

Zou W, Liu M, Wang D, Yuan Q. The Design of MLX90614 Based Kitchen Infrared Temperature Monitor Fire Alarm and A Preliminary Study of Temperature Fitting Algorithm.

Zulfa. Pengukuran Suhu Menggunakan Termometer Inframerah. 2009