Sosialisasi Dan Simulasi Sistem Nurse Call Terhadap Kegagalan Infuse Pump Menggunakan Mikrokontroler Atmega8535

Main Article Content

Fitri Priyulida
Khairil Abdillah
Harold Sitomorang

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatar belakangi yaitu penggunaan alat Infant warmer sangat tinggi di Rumah sakit, dan mampu untuk memberikan kenyamanan dan kehangatan pada bayi yang baru dilahirkan agar merasakan suhu seperti didalam rahim ibu. Infant warmer berfungsi untuk memberikan kenyamanan dan kehangatan pada bayi. Oleh karena itu, program PkM bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan melatih user (pengguna alat) melakukan pemeliharaan preventif alat Infant warmer. Metode yang digunakan ialah sosialisasi dan pelatihan. Khalayak sasaran yang dilibatkan ialah user,mahasiswa/I dan teknisi di rumah sakit Beberapa hasil yang dapat disimpulkan dari pelaksanaan program PkM ini ialah khalayak sasaran dapat memahami hal-hal berupa pentingnya pengetahuan dan sangat antusias dalam mengikuti sosialiasai dan pelatihan pemeliharaan preventif alat Infant warmer, mulai dari Pengecekan alat dan aksesoris, penyusunan standart operasional prosedur alat (SOP), pengoperasian, kalibrasi dan pemeliharaan. kesimpulan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital khalayak sasaran dapat dikatakan meningkat. Adapun kesimpulan yaitu Alat dalam keadaan bagus dan layak pakai dan user mampu dalam melakukan pemeliharaan preventif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bachtiar, Efendi. 2014. Dasar Mikrokontroler Atmega 8535 dengan CAVR. Yogyakarta : Deepublish

DidikWiyono, ST. 2007. PanduanPraktisMikrokontrolerKeluarga AVR Menggunakan DT-Combo AVR-51 Starter Kit dan DT-Combo AVR Exercise Kit.Innovative Electronics.Surabaya.

Lingga Wardhana. 2006, “Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri Atmega8535 Simulasi, Hardware, dan Aplikasi”.ANDI.Yogyakarta

Yusro, Firmansyah. 2009. Modul Mikrokontroler AVR ATMega 8535. PT Bukaka Teknik Utama

Brahmininindya Resi Kanastriloka, Dr. Endro Yulianto, ST, MT, Abdul Kholiq, SST, MTHutagaol, Darwin, and Yantri 2014