SOSIALISASI DAN SIMULASI TIMBANGAN PADA HOTPLATE MAGNETIC STIRRER BERBASIS ARDUINO UNO

Main Article Content

Salomo Sijabat
Hotromasari Dabukke

Abstract

Hotplate mangnetic stirrer adalah alat yang digunakan untuk menghomogen dan memanaskan suatu larutan, alat ini digunkan di ruang laboratorium mikrobilogi, kimia dan farmasi untuk menghomogenkan dan memanaskan larutan. Komponen utama Hotplate mangnetic stirrer adalah motor stepper yang berfungsi memutar sampel dan memanaskan mengunakan heater dengan kecapatan dan waktu yang sudah ditentukan. Hotplate mangnetic stirrer yang penulis buat menggunakan mikrokontroller Arduino uno At mega 328p, driver motor, lcd 20x4, buzzer dan keypad. driver motor digunakan untuk mengatur kecepatan motor sesuai keinginan user, lcd berfungsi untuk menampilkan kecepatan motor dan timer, buzzer akan berbunyi ketika hotplate mangnetic stirrer dihidupkan dan saat keypad di tekan, loadcall berfungsi sebagai sensor yang digunakan untuk mendeteksi tekana yang di letak kan di atas plat, modul HX711 yang berfungsi mengkonversi perubahan yang terukur dalam perubahan resistensi dan mengkonversikannya ke dalam besaran tengangan melalui rangkaian yang ada, keypad sebagai inputan kecepatan dan timer. Bila kecepatan sudah tercapai, driver motor akan bekerja mengontrol motor agar tetap sesuai dengan kecepatan yang dikehendaki.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Allya Nissa Daswar, 2018 ,Rancang Bangun HotPlate Magnetic Stirrer Digital dengan Pengaturan Waktu Berbasis Arduino, Skripsi, Universitas Negeri Padang.

Prasetyo,RH,2020, Perancangan sistem pengontrol suhu dan kecepatan pengadukan pada Mangnetic Stirrer Multi Hotplate. skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Telkom.

Sumarno, D., & Sukamto, S. (2021). Uji Kinerja Neraca analitik Di Laboratorium Kimia Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI). Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan, 19(1), 1-5.

OMEGAPUTRA,R.(2019). Rancang Bangun Timbangan Digital Berbasis Arduino Uno Menggunakan Load Cell Dengan Modul Bluetooth (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Bekasi).

Harianja, E. (2019). Rancang Bangun Timbangan Digital Berbasis Sensor Load Cell 100 Kg Menggunakan Mikrokontroller Atmega 328 (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).