SOSIALISASI PENGGUNAAN ALAT TERMOMETER NON-CONTACT MENGGUNAKAN INFRA RED

Main Article Content

Fitria Priyulida
Khairil Abdillah
Hotromasari Dabukke

Abstract

Progam pengabdian kepada masyarakat di latar belakangi kebutuhan peralatan untuk memberikan fasilitas kesehatan masyarakat dibutuhkan suatu alat yang menunjang keberlangsungan suatu Rumah Sakit. Seiring berjalanya waktu, permasalaan internal maupun eksternal terjadi. Pada Rumah Sakit Adven banyak alat alat kesehatan yang harus di tingkatkan cara penggunaanya sehingga perlu penanganna segera, salah satunya alat Termometer Non-Contact menggunakan Infrared. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Untuk memudahkan pengukuran suhu tubuh digunakan termometer non kontak dengan menggunakan infra merah dan termometer digital untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan termometer manual. Hasil kegiatan pengabdian yang diperoleh adalah total nilai null hasil pengujian pertama diperoleh sebesar 1,34°C dibandingkan dengan alat termometer digital. digital. Jarak yang dibutuhkan alat ini untuk membaca suhu tubuh manusia adalah +/- 3cm. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukur suhu dengan termometer digital adalah 10-15 detik. Dari hasil pengukuran jarak yang paling akurat untuk pengukuran termometer infra merah adalah 2 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adrianto AA, Basyar E. Kesesuaian Termometer Inframerah Dengan Termometer Digital Terhadap Pengukuran Suhu Aksila Pada Usia Dewasa Muda. 2018;7(2):1041–8.

Akinloye BO, Onyan AO, Oweibor DE. Design And Thermometer Implementation With Of Digital Clock. 2016;15:1–10.

Arifin B. Aplikasi Sensor Passive Infrared (PIR) …. 2013;(2011):39–44.

BENJAMIN O. A, AARON O. O, DONALDSON E. O. Measuring body temperature. Glob J Eng Res [Internet]. 2016;15:1–10. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23240273

Galileo Galilei, Toscana, 15 Februari 1564

Steven J, Zebua D, Suraatmadja MS, Qurthobi A. Perancangan Termometer Digital Tanpa Sentuhan Mlx90164 Infrared Temperature Sensor Arduino Uno R3. 2016;3(1):43–8.

Zou W, Liu M, Wang D, Yuan Q. The Design of MLX90614 Based Kitchen Infrared Temperature Monitor Fire Alarm and A Preliminary Study of Temperature Fitting Algorithm.

Zulfa. Pengukuran Suhu Menggunakan Termometer Inframerah. 2009