Pelatihan Komunikasi Orang Tua Terhadap Pengaruh Negatif Konten Media Televisi Pada Dosen-Dosen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Main Article Content

Setiamenda Ginting

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan komunikasi orang tua terhadap pengaruh negatif  konten media televisi sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan dalam komunikasi yang efektif dan efesien. Objek pengabdian masyarakat ini adalah seluruh dosen-dosen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Masalah yang dihadapi adalah timbul permasalahan terdapat fakta bahwa banyak perubahan perilaku anak yang disebabkan oleh beberapa program acara yang memiliki pengaruh negatif disiarkan di televisi, dengan memberikan arahan melalui komunikasi orang tua dapat memberikan wawasan dan pemilihan program acara televisi yang seharusnya ditonton. Hasil dari kegiatan ini yaitu (1) Secara umum, peserta mampu memahami materi komunikasi orang tua yang diberikan dengan baik, (2) Pelatihan yang dilakukan dengan cara simulasi satu kasus konten negatif media televisi maka terjadi optimisme peserta terhadap kemampuan berkomunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Mufidah, Hilmi. 2008. Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Anak Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah.

Nuruzzakiah, Reni. 2012. Hubungan Komunikasi Orang Tua Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XI Di SMK PGRI 1 Ngawi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Purwanti, Dwi. 2015. Dampak Media Televisi Pada Perilaku Negatif Remaja. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yulianti, Padmi Dhyah. 2015. Literasi Media Televisi Bagi Orang Tua : Upaya Melindungi Anak dari Dampak Negatif Televisi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.