PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENTANG CARA MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI DILINGKUNGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI

Main Article Content

Setiamenda Ginting

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan cara membangun kepercayaan diri sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan dalam menghargai diri sendiri. Objek pengabdian masyarakat ini adalah seluruh mahasiswa program studi Farmasi. Masalah yang dihadapi adalah timbul permasalahan kurangnya kepercayaan diri pada mahasiswa  dimana hal ini akan menimbulkan dampak besar terhadap keberhasilan mahasiswa selama menjalani aktivitas pendidikannya. Dengan kerpercayaan diri mahasiswa dapat menunjukkan prestasi dan kreativitas pada lingkungan kampus dan pada saat belajar. Hasil dari kegiatan ini yaitu (1) Secara umum, peserta mampu memahami materi cara membangun kepercayaan diri yang diberikan dengan baik, (2) Pelatihan yang dilakukan dengan cara simulasi satu kasus mahasiswa maka terjadi optimisme peserta terhadap kemampuan  membangun kepercayaan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Madhy, M.A., et.al,. 2022. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa/I Stambuk 2019 Universitas Medan Area. Medan: Universitas Medan Area.

Salama. 2014. Hubungan Tipe Kepribadian Big Five Dengan Kepercayaan Diri Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Semester IV Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Utami, D.D., et.al,. 2015. “Kapsul Motivasi” Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.