CERAMAH TENTANG PENTINGNYA KONSEP DIRI MAHASISWA DI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Main Article Content

Nurhawati Simamora

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan ceramah pembentukan konsep diri sebagai salah satu upaya meningkatkan konsep diri mahasiswa. Objek pengabdian masyarakat ini adalah Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia . Masalah yang dihadapi adalah timbul permasalahan kurangnya konsep diri pada mahasiswa  dimana hal ini akan menimbulkan dampak mempengaruhi pola-pola tindakan terhadap keberhasilan mahasiswa selama menjalani aktivitas pendidikannya, Dengan pembentukan konsep diri mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan diri yang berkualitas  meningkatkan prestasi dan kreativitas pada lingkungan kampus dan pada saat belajar. Hasil dari kegiatan ini yaitu (1) Secara umum, peserta mampu memahami materi pembentukan konsep diri yang diberikan dengan baik, (2) Ceramah yang dilakukan dengan cara simulasi satu kasus mahasiswa maka terjadi optimisme peserta terhadap kemampuan  dalam pembentukan konsep diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Madhy, M.A., et.al,. 2022. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa/I Stambuk 2019 Universitas Medan Area. Medan: Universitas Medan Area.

Putra, Henny. 2018. Proses Pembentukan Konsep Diri Dan Pola Kebutuhan Informasi Pustakawan. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Syahraeni, Andi. 2019. Pembentukan Konsep Diri Remaja. Makasar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,