Edukasi Pemberian ASI Ekslusif Pada Bayi Dibawah Usia 6 Bulan di Puskesmas Batang Beruh Sidikalang

Main Article Content

Nurcahaya Nainggolan
Marta Imelda Br Sianturi
Desy Lustiyani Rajagukguk

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pemberian ASI eksklusif pada bayi dibawah 6 bulan. Permasalahan yang dihadapi adalah faktor-faktor yang menyebabkan ibu memberikan MP- ASI dini yaitu pengetahuan ibu yang kurang contohnya bayi yang terus menangis dianggap bayinya lapar dan tidak cukup hanya diberikan ASI saja. Selain itu masalah sosial budaya menyangkut masalah kebiasaan yang berkembang di masyarakat seperti pemberian pisang dan bubur yang di buat sendiri pada bayi sebelum berumur enam bulan disebabkan ASI ibu dianggap tidak mencukupi kebutuhan makanan bayi. Selain itu adanya hubungan antara pengetahuan dengan sikap ibu terhadap pemberian MP-ASI dini. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan ibu yang kurang sangat mendukung sikap ibu dalam pemberian MP-ASI dini pada bayinya. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini ialah disaat pra sosialisasi 93% menyatakan belum mengetahui dan memahami dengan baik tentang pemberian ASI ekslusif pada bayi dibawah usia 6 bulan. Sedangkan 7% lainnya menyatakan mengerti pemberian ASI ekslusif pada bayi dibawah usia 6 bulan karena sudah pernah melahirkan sebelumnya. Selanjutnya pasca sosialisasi 100% ibu nifas yang dirawat di Puskesmas Batang Beruh  mengetahui dan memahami dengan baik tentang pemberian ASI ekslusif pada bayi dibawah usia 6 bulan. Peserta mulai memaknai pentingnya pengetahuan tentang pemberian ASI ekslusif pada bayi dibawah usia 6 bulan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aditya, M., & et.al. (2015). Peningkatan Pengetahuan Ibu Usia Reproduksi Melalui Penyuluhan dan Simulasi Tentang ASI Ekslusif Untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Way Kambas Kandis Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung.

Afrianty, I., & et.al. (2023). Edukasi Pemberian ASI Ekslusif Pada Ibu Nifas di Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Meambo, 8-13.

Asnidawati, & Ramdhan, S. (2021). Hambatan Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi Usia 0-6 Bulan. JIKSH: Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 156-162.

Sembiring, R. (2023). Asi Eksklusif. Retrieved from Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1046/asi-eksklusif