Edukasi Tentang Pencegahan Stunting Dalam Upaya Pencegahan Stunting Di BPM Mariana

Main Article Content

Mestika Lumbantoruan
Asima Sirait
Netti Etalia Br Brahmana

Abstract

Stunting memberikan dampak yang buruk pada anak baik pada jangka pendek maupun panjang hingga dewasa, yang dapat mengakibatkan mengurangi kecerdasan, daya tahan tubuh yang lemah hingga beresiko rentan terhadap penyakit. Pengetahuan orangutan yang rendah tentang stunting beresiko lebih tinggi mengakibatkan anak stunting, oleh sebab itu perlu dilakukan peningkatan pemahaman kepada orangtua khususnya ibu melalui pemberian edukasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini yang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan ibu tentang stunting melalui pemberian edukasi sebagai upaya pencegahan stunting di BPM Mariana. Pengabdian masyarakat ini melibatakan mahasiswa dan dosen, sasaran 31 orang ibu yang memiliki bayi, balita dan anakusia prasekolah di Klinik BPM Mariana. Kegiatan dilakukan melalui penyuluhan (pemberian materi), diskusi, demonstrasi. Hasil kegiatan diperoleh edukasi tentang stunting berdampak meningkatkan pengetahuan ibu tentang stunting lebih baik dalam upaya pencegahan stunting pada anak bayi, balita dan anakusia pra sekolah. Rekomendasi setelah kegiatan ini adalah semakin sering dilakukan dalam pendidikan kesehatan, penyuluhan secara berkesinambungan hingga terjadi perubahan perilaku yang lebih baik dan menggunakan media yang lebih inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarwati, Respati dan Nasution, Nita. (2012). Asuhan Keperawatan Bayi & Balita. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu

Aritonang, J. (2018) “Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Pentabio Lanjutan Setelah Pemberian Pendidikan Kesehatan Di Puskesmas Lampaseh Aceh,” J. Ris. Kesehat. Nas., Vol. 2, No. 2, Pp. 1–6, Nov. 2018

Kurniati, P. T., & Sunarti. (2020). Stunting dan Pencegahannya (Andriyanto (ed.); Pertama). Lakeisha

Lensoni, L., Raisah, P., Zahara, H., Kala, P. R., Anggriani, Y., Karma, T., ... & Saifuddin, S. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu, Pendapatan Keluarga, Sosial Budaya Dan Penyakit Ispa Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 0-59 Bulan Di Gampong Meunasah Intan Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Malahayati Nursing Journal, 4(6), 1351-1358.

Nisfi, L., & Ismawati, P. (2018, March). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Peserta Didik Kelompok B di RA Baitussa’adah Sadengrejo Rejoso Pasuruan. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 2, pp. 33-39).

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta: Jakarta

Notoatmojo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta; 2011.

Ramayulis, dkk. 2018. Stop Stunting dengan Konseling Gizi. Jakarta: Penerbit Plus+

Septamarini, R. G., Widyastuti, N., & Purwanti, R. (2019). Hubungan pengetahuan dan sikap responsive feeding dengan kejadian stunting pada baduta usia 6-24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo, Semarang. Journal of Nutrition College, 8(1), 9-20.

WHO/Unicef. ( 2017). The World Bank Joint Child Malnutrition Estimates. 2017 edition. Tim Badan WHO-Unicef- the world bank joint child malnutrition estimates. Diakses: 5 Juli 2020. http://www.who.int/nuthrowthdb/jme_brochoure2017.pdf?ua=1