Pendidikan Keuangan Dalam Meningkatkan Inovasi Berwirausaha Pemuda/I Jemaat HKBP Rogate Pasca Pandemi Covid

Main Article Content

Rika Mei Hayani Ginting
Rosanna Purba
Renika Hasibuan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan meningkatkan pemahaman tentang pengetahuan keuangn serta meningkatkan motivasi berwirausaha pada pemuda/I Jemaat HKBP Rogate. Permasalahan yang dihadapi adalah dimana mereka berada pada masa transisi perubahan pola hidup siswa menjadi mahasiswa sehingga dituntut untuk bisa bertanggung jawab atas permasalahan yang timbul seperti halnya dalam bidang keuangan, mengingat kebanyakan mahasiswa belum memiliki penghasilan, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya masih tergantung pada pemberian orang tua, sementara saat ini anak muda tumbuh di tengah-tengah budaya kredit, pinjaman online cepat, perilaku boros dan konsumtif yang difasilitasi sistem belanja online yang mudah diakses, tanpa diimbangi dengan pengetahuan dan sikap mengenai kewajiban yang diemban. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini ialah pra sosialisasi 93% menyatakan belum mengetahui dan memahami dengan baik tentang keuangan dan wirausaha. Sedangkan 7% lainnya menyatakan mengerti keuangan  dikarenakan sudah memiliki usaha kecil-kecilan yang dikelola secara pribadi. Selanjutnya pasca sosialisasi 100% pemuda/i jemaat HKPB Rogate  mengetahui dan memahami dengan baik tentang pendidikan keuangan dalam meningkatkan inovasi kewirausahaan. Peserta mulai memaknai pentingnya pengetahuan tentang keuangan didalam kehidupan serta bagaimana berwirausaha yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Putri, A. K. (2016). Berwirausaha Dan Mengatur Keuangan Sejak Dini. Prosiding Seminar Nasional Indocompac (pp. 64-75). Jakarta: Universitas Bakrie.

Sulastri. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Petani Jagung Di Kaluku Lohe Kelurahan Laikang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Valianti, R. M. (2021). Sadar Pajak Sejak Dini Dalam Pendidikan. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 130-137.

Zahroh, F. (2014). Menguji Tingkat Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Pribadi, Dan Perilaku Keuangan Pribadi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Semester 3 Dan Semester 7. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.