Edukasi Perpajakan: Sadar Pajak Sejak Dini Dikalangan Siswa SMK Swasta Medan Area

Main Article Content

Owen De Pinto Simanjuntak
Heri Enjang Syahputra
Idahwati

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perpajakan, menumbuhkan dan menanamkan kesadaran dan taat pajak sejak dini pada siswa/i SMK Swasta Medan Area. Permasalahan yang dihadapi adalah kesadaran pajak siswa/i SMK Swasta Medan Area masih cukup rendah. Jika ditinjau dari aspek pembelajaran, SMK Swasta Medan Area sendiri belum menerapkan pembelajaran terkait pajak yang lebih dalam di dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.  Hasil dari kegiatan sosialisasi ini ialah disaat pra sosialisasi 89% siswa menayatakan belum mengetahui dan memahami dengan baik tentang perpajakan. Sedangkan 11% siswa lainnya menyatakan mengerti pajak dikarenakan sudah memiliki kenderaan bermotor namun belum memahami dan memiliki kesadaran akan pajak. Selanjutnya pasca sosialisasi 100% siswa mengetahui dan memahami dengan baik tentang perpajakan. Adanya perubahan persepsi menjadi positif terkait pemahaman perpajakan, sangat berguna membangun generasi sadar pajak sejak dini, menjadikan generasi yang peduli terhadap perekonomian negara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, L. R. (2023). Penanaman Kesadaran Pajak Pada SIswa SMK Adi Luhur 2 Jakarta. Pengmasku, 8-15.

Dihni, V. A. (2022, Agustus 05). Databoks. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/05/ini-tren-tax-ratio-indonesia-dalam-5-tahun-terakhir

Harsono, B. e. (2022). Sejak Muda Sadar Pajak-Peran Generasi Millenial Dalam Peningkatan Pengetahuan Untuk Kepatuhan Wajib Pajak Demi Pemulihan Ekonomi. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 499=505.

Indonesia. (2016). Materi Terbuka Kesadaran Pajak Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Rosdiana, H. (2012). Pengantar Ilmu Pajak, Kebijakan dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sari, E. W. (2023). Membangun Budaya Sadar Pajak Pada Generasi Z. Madaniya, 304-310.

Susila, B. J. (2016). Wajib Pajak dan Generasi Muda: Tax Morale Mahasiswa di Indonesia . Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 154-172.

Syadat, F. A., Kusyeni, R., & Fauziah, E. (2022). Analisis Efektifitas Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Milenial Melalui Media Sosial Instagram Dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak (Studi Kasus Di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II). Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 70-81.

Valianti, R. M. (2021). Sadar Pajak Sejak Dini Dalam Pendidikan. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 130-137.