Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis

Main Article Content

Rachel Mia Lorenza Lbn Toruan
Evi Enitari Napitupulu
Eben Ezer Sibagariang
Asiri Putri Halawa

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman terkait fungsi Public Relations dan cara atau strategi manajemen krisis yang dapat diterapkan oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Permasalahan yang dihadapi adalah seorang Public Relations atau humas dalam sebuah perusahaan atau organisasi terkadang kesulitan dalam memahami bagaimana peran serta seorang Public Relations atau humas dalam mengatasi krisis yang terjadi atau akan terjadi. Kurangnya pemahaman lebih lanjut terkait bagaimana krisis bisa terjadi dan strategi penanganannya dapat menjadi sebuah kendala dalam kinerja seorang Public Relations atau humas. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini ialah 1) para pegawai mengetahui fungsi Public Relations atau humas dalam sebuah perusahaan atau organsiasi, 2) para pegawai mengetahui defenisi manajemen krisis, 3) para pegawai khususnya divisi humas memahami awal mula munculnya krisis dan strategi penanganan krisis. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di PT. Tri Sakti Purwosari Makmur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Fearn-Banks,K. 1996. Crisis Communication : A Case book Approach. Mahwah, NY: Lawrence Erlbaum.

Gonzales-Herrero, A and Pratt, C.B. 1995. How to Manage a Crisis Before or Whenever – Public Relations Quaterly. Spring.

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta : Rajawali Pers.

Panuju, Redi. 2002. Krisis Public Relations. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwaningwulan, Melly Maulin. 2019. Public Relations Dan Manajemen Krisis. Jurnal Majalah Ilmiah UNIKOM. Vol. 11, No.2, 166-175.

Anwar, Ali. 2018. Cara Mudah Mengakses Literatur Secara Online dan Mengelolanya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanum, Atiqa Nur Latifa. 2019. Memaksimalkan Kemampuan Menelusur Pada Portal E-Resources Perpustakaan Nasional RI. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vol. 11, No. 2, 38-45.

Nashihuddin, Wahid. 2015. Pemahaman Pemustaka dalam Menelusur Sumber-sumber Literatur di Perpustakaan PDII-LIPI. Media Pustakawan, Vol. 22, No. 2, 41-51.

Straubhaar, Joseph, Robert Larose, and Lucinda Davenport. 2012. Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology. Michael Rosenberg. Seventh Ed. Boston.

Sulistyo-Basuki. 1992. Teknik dan Jasa Dokumentasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuddin. 2010. Strategi Jitu Penelusuran Informasi Ilmiah yang Cepat, Tepat, dan Akurat di Internet. Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol. 10, No. 2, 47-48.