Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kompasiana Dalam Pembuatan Berita Pada Guru SMA Negeri 1 Berastagi

Main Article Content

Rianto Sitanggang
Immanuel H G Manurung
Harold Situmorang

Abstract

Berkembangnya teknologi memberikan kemudahan mendapatkan informasi kepada kita untuk lebih tanggap dengan berita yang sering bermunculan di dalam kehidupan sehari-hari. Tanggap berita berarti kita juga harus mampu untuk mengembangkan kemampuan kita juga terhadap bagaimana mencerna berita yang beredar. Termasuk proses dalam pembuatan berita tersebut pun kita harus mampu memberikan informasi yang menarik. Selain untuk pengembangan diri kita juga bisa menjadi manfaat untuk orang – orang disekitar kita. Salah satu cara dalam pengembangan yang bisa kita berikan terhadap orang-orang sekitar kita adalah dengan memberikan pelatihan. Aplikasi pemberitaan online di masa sekarang ini sudah sangat berkembang, namun masih banyak dari proses pembuatannya belum dipahami. Dengan memberikan pelatihan mungkin bisa memudahkan kepada masyarakat sekitar, terutama guru yang menjadi sumber utama informasi dalam dunia pendidikan. Dari pelatihan ini di harapkan para guru mampu membuat berita yang menarik dan mengajak para siswa agar lebih menumbuhkan minat baca. Dalam hal ini maka Universitas Sari Mutiara Indonesia pada Program Studi Sistem Informasi melaksanakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Kompasiana kepada para Guru SMAN 1 Berastagi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

li Akbar Lubis*1, M. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dengan Sparkol Bagi Guru SMPN 27 Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 597-601.

Munirah, S. d. (2019). RETORIKA PENULIS ARTIKEL DI MEDIA ONLINEKOMPASIANA. Jurnal Ilmiah Korpus, 313-326.

Ngatman, N. (2022). Evaluasi pembelajaran penjasorkes (PJOK) saat pandemi Covid-19 SMP Negeri Se-Kabupaten Sleman tahun 2022. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 144-154.

Nur, A. S. (2021). POTRET PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 27-35.

Patih, T. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal dan Penilaian Daring Bagi Guru SMP dan SMA di Desa Lembo Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Pengabdian MIPA dan Pendidikan MIPA, 89-83.

Riah Ukur Ginting, H. E. (2021). PELATIHAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN BAGI PENDIDIK. Jurnal Abdimas Mutiara, 56-60.

Sitanggang. Rianto, Manurung. IHG, Situmorang. H. (2021). PENGGUNAAN CANVA VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 060933 KOTAMADYA MEDAN. Jurnal Abdimas Mutiara, 192-196.