PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN BAGI PARA PELAKU UMKM DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SERDANG INDAH KECAMATAN MEDAN MARELAN

Main Article Content

Mery Lani Purba
Eva Margareth Sarah

Abstract

Pelatihan penyusunan laporan keuangan kepada para pelaku UMKM di Koperasi Simpan Pinjam Medan Marelan ini bertujuan agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal pencatatan dan pengelolaan Keuangan melalui penyusunan laporan keuangan. Para pelaku UMKM belum memahami cara yang baik dalam pencatatan, khususnya yang berkaitan dengan akuntansi serta kegunaanya sehingga mereka membutuhkan dukungan dari pihak akademisi untuk mendapatkan pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan UMKM melaui kegitatan Tutorial dan Diskusi berkaitan dengan masalah pengelolaan keuangan masing-masing para pelaku UMKM. Metode pengumpulan data kegiatan pengabdian ini adalah melalui observasi dan wawancara dengan pengurus koperasi dan salah satu pelaku UMKM. Jumlah Peserta yang akan ikut training adalah 25 orang yang merupakan pelaku UMKM yang bergerak dibidang perdagangan dan jasa. Hasilnya Kegiatan pelatihan ini dapat dinyatakan berhasil dilihat dari antusiasme para pelaku UMKM selama proses pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hetika, Priatna Sari Yeni, Sri Hajanti, Riri. Upaya Peningkatan Keterampilan Menyusun Laporan Keuangan Bagi Pengurus Koperasi Batik Tegalan Cempaka Mulia. Jurnal Abdi Mas PHB Vol. 1, Politeknik Harapan Bersama., 2018)

Kompasiana Beyond Blogger. Masih Banyak Pelaku UMKM Buta Akuntansi, di unduh dari https://www.kompasiana.com/faradillars/5c271768677ffb0c872bdab9/umkm-merubah-pertumbuhan- ekonomi-di-indonesia, 2018)

Nurul, Juwariah; Zulaika, Putri, Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Dalam Rangka Meningkatkan Usaha Bagi Para Pengrajin di Kelurahan Padang Sari, Universitas Semarang, 2017).

Medankrio-bangkit.blogspot.com (2010) Sejarah Berdirinya Koperasi Simpan Pinjam Surya Abadi Mandiri Medan Krio, diunduh dari (http://medankrio-bangkit.blogspot.com/p/normal-0-false-false-false-en-us-x- none.html, 2010)

(Setyorini dhyah, dkk (2012), Pelatihan Keuangan bagi UMKM untuk , 2012)