PELATIHAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SIM-PPM) UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Main Article Content

Marupa Siregar
Elisabet Tambunan

Abstract

Salah satu tugas dan kewajiban seorang dosen adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sari Mutiara Indonesia merupakan lembaga yang bertugas untuk mengelola dan mendata terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Pengelolaan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih menggunakan cara konvensional sehingga tidak efektif dan efisien dari sisi waktu dan biaya. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem informasi manajemen penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (SIM-PPM) untuk kemudahan dalam pengelolaan dan pengontrolan progres laporan dari laporan proposal hingga laporan akhir. SIM-PPM yang diakses oleh Dosen dan Mahasiswa, butuh pengelola untuk memelihara atau maintenance, agar selalu dapat digunakan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu perlu dilakukan pelatihan bagi LPPM  dalam  pengenalan  dan  pengoperasian  SIM-PPM kepada Dosen maupun Mahasiswa guna mempermudah proses pengajuan penelitian dan pengabdian di linkungan STMIK Universitas Sari Mutiara Indonesia secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Astutik, F., & Muzakkir, M, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT LPPM IKIP MATARAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI RISET DOSEN INTERNAL, Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, vol.5, no.1, pp.69-75,2020.

Handayani, S, Rancang Bangun Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM), INFOKAM, vol.13, no.1, 2017.

Melyanti, R., & Iqbal, M, “Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di Bagian P3m (Studi Kasus: Stmik Hang Tuah Pekanbaru),” Jurnal Ilmu Komputer, vol.9, no.2, pp.165-176, 2020.