KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBERIAN SEMBAKO DI DESA LABUHAN DELI KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG

Main Article Content

Elizabeth Haloho
Mery Lani Purba

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia saat ini memaksa pemerintah menetapkan kebijakan bahwa masyarakat harus melakukan segala aktivitas dari rumah, baik itu bekerja, sampai aktivitas pendidikan dilakukan dari rumah. Di Kabupaten Deli Serdang khususnya, banyak kepala keluarga yang mengalami kesusahan akibat tidak bisa mencari nafkah karena dilarang melakukan aktivitas di luar rumah seperti tempat keramaian, fasilitas umum, maupun di tempat ibadah. Beberapa kasus tercatat bahkan ada beberapa keluarga yang kesulitan hanya untuk makan sehari-hari karena kehilangan mata pencaharian imbas dari Covid-19, bahkan ada juga yang nekat berjualan akan tetapi jualannya tidak laku. Program Pengabdian Masyarakat yang bersifat sosial ini bermitra dengan Hima Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jenis permasalahan yang ditangani dalam pengabdian masyarakat ini meliputi bakti sosial membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan sembako (sembilan bahan pokok) di seputaran Kecamatan Labuhan Deli. Kegiatan Gerakan Bakti Sosial Berbagi Paket Sembako Peduli Covid-19, merupakan salah satu kegiatan yang tepat dilakukan di awal di masa pandemi Covid-19. Di mana bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung dari situasi pandemi Covid-9 ini. Inisiatif Hima Manajemen USM Indonesia ini patut diapresiasi dan didukung penuh oleh para dosen yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat ini dengan melakukan pendampingan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, Laelia Dwi, 2017, Makalah Bakti Sosial, http://repository.umy.ac.id, pada tanggal 23 Mei 2020

Badudu Rizal, 2015, Service Excellence: Pelayanan Pelanggan yang Prima oleh Perusahaan di Indonesia. Jakarta: Kompas

Barata, Atep Adya, 2003, Dasar-Dasar Pelayanan Prima – Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, 2020, https://covid19.go.id, diakses pada tanggal 23 Mei 2020

Pratiknjo, Maria Heny, 2012, Masyarakat Multikultural Bentuk dan Pola Interaksi dalam Dinamika Kehidupan Sosial. Yayasan Serat Manado

Program Studi Manajemen USM Indonesia, 2019, http://manajemen.sari-mutiara.ac.id/ diakses pada tanggal 5 Maret 2020

SWARPANDHANI WINDA, 2015, Mengenal Apa Itu Bakti Sosial Di Kalangan Pelajar,Https://Windaswarpandhani.Wordpress.Com Diakses Pada Tanggal 23 Mei 2020

World Health Organization-Indonesia, 2020, Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus,https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public, diakses pada tanggal 23 Mei 2020