Peningkatan Sistem Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan Untuk Optimalisasi Kinerja dan Pelayanan Klinik Pratama Milenium Medan

Main Article Content

Anggi Pratiwi Sitorus
Budiono
Rolita Cristina Purba

Abstract

Klinik Pratama merupakan lembaga kesehatan yang penting dalam memberikan layanan medis kepada masyarakat. Namun, tantangan dalam sistem akuntansi yang kurang efektif dan pengelolaan keuangan yang tidak optimal sering kali menghambat kinerja dan pelayanan klinik. Metode pengabdian masyarakat ini meliputi evaluasi sistem akuntansi yang sedang digunakan, perancangan dan implementasi perbaikan pada sistem akuntansi, serta pendampingan dan pelatihan kepada tim keuangan klinik. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi klinik. Melalui sistem akuntansi yang efektif, klinik dapat memperoleh informasi keuangan yang akurat dan tepat waktu, sehingga memudahkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Pengelolaan keuangan yang baik juga membantu klinik mencapai keseimbangan keuangan yang lebih baik dan meningkatkan pelayanan kepada pasien pengabdian masyarakat ini berfokus pada peningkatan sistem akuntansi dan pengelolaan keuangan untuk optimalisasi kinerja dan pelayanan klinik. Melalui evaluasi, perbaikan, pendampingan, dan pelatihan, diharapkan klinik dapat mengoptimalkan kinerja keuangan dan memberikan pelayanan medis yang lebih baik kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arista, R., & Nurlaila, N. (2022). Pengaruh Sistem Pencatatan Laporan Keuangan Terhadap Optimalisasi Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Umum Daerah (Pud) Pasar Kota Medan. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5), 585-594.

Hasibuan, R., & Sitorus, A. P. (2022). Pelatihan Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan Toko Nando Perabot Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 408-412.

Hasibuan, R., & Sitorus, A. P. (2022). Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Melalui Pelatihan Akuntansi Pencatatan Keuangan Di Desa Mekar Sawit Kecamatan Sawit Seberang Kabupaten Langkat. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 385-388.

Sitorus, A. P. (2022). Pengembangan Penerapan Praktek dan Teori Akuntansi Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 806-814.

Tama, A. I. (2018). Evaluasi kinerja pelayanan dan keuangan RSUD yang menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD. Jurnal Penelitian Teori dan Terapan Akuntansi (PETA), 3(2), 11-25