Pelatihan Pemanfaatan E-resources Perpustakaan Nasional Terhadap Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Main Article Content

Sunyianto
Kerisman Halawa

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi dalam mengoptimalkan layanan informasi kepada pemustaka maka pustakawan sebagai mentor atau penggerak mendesain metode solusi dari masalah pemustaka terkait ketidakmampuan pemustaka dalam penelusuran literature. Inovasi dan kreatif pustakawan menjadi barometer terciptanya pelayanan yang optimal. Bentuk yang dapat dilakukan adalah sosialisasi atau pelatihan terkait dengan pemanfaatan portal ilmiah untuk kebutuhan informasi pemustaka salah satunya portal e-resources Perpustakaan Nasional. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan kepada civitas akademik Universitas Sari Mutiara Indonesia di gedung perpustakaan. Metode yang digunakan adalah bentuk ceramah, tanya jawab dan praktik. Tujuaanya adalah untuk memaksimalkan dan membimbing pemustaka agar memahami dan memanfaatkan layanan e-resources Perpustakaan Nasional untuk kebutuhan penelitian, tugas perkuliahan dan menambah pengetahuan. Layanan e-resources Perpustakaan Nasional bertujuaan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka dengan hak akses bagi pemustaka yang telah sah menjadi anggota perpustakaan nasional dan memiliki nomor anggota. Layanan e-resources Perpustakaan Nasional mencakup ejournal, ebook, pangkalan data pengindeks dan abstrak, database referensi, database gambar dan audio visual. Hasil kegiatan ini adalah Mahasiswa juga berhak mengakses penuh portal Layanan e-resources Perpustakaan Nasional dan telah memiliki nomor anggota yang sah. Meningkatnya kemampuan literat mahasiswa dalam mengenal dan memahami penelusuran literature ilmiah serta mampu memanfaatkan layanan e-resources Perpustakaan Nasional untuk kebutuhan informasi. Pengabdian ini merekomendasikan program literasi informasi perlu diselengarakanoleh perpustakaan perguruan tinggi secara berkala agar civitas akademika tetap literat dalam penelusuran informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Basuki, S. (2018). Kamus Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi. Jakarta: Sagung Seto.

Hartono. (2017). Pengetahuan Dasar Perpustakaan Digital: Konsep, Dinamika dan Transformasi. Jakarta: Sagung Seto.

IFLA Acquisition and Collection Development Section (ed.), (2012). Key issues for e- resource collection development: A guide for libraries. From https://www.ifla.org/files/assets/acquisiti on-collectiondevelopment/publications/Electronicresource-guide.pdf

Johnson, S., Evensen, O. G., Gelfand, J., Lammers, G., Sipe, L., & Zilper, N. (2012). Key Issues for e-Resource Collection Development : A Guide for Libraries. International Federation of Library Associations and Institutions.

Nurmalia, I., Kustiyo, A., & Sulistyo-Basuki. (2014). Evaluasi Penggunaan Layanan Koleksi E-Resources Menggunakan Standar Indikator Kinerja (Iso 11620:2014) Di Perpustakaan Nasional RI (The Evaluation of e-resources Usage Based on ISO 11620:2014 in National Library of Indonesia). Jurnal Pustakawan Indonesia, 15(1), 58–72.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. e-Resources. https://e-resources.perpusnas.go.id

Syahrezi, I. A., Suharso, P., & Mallawa, S. (2022). Pemanfaatan e-resources perpustakaan nasional di masa pandemi covid-19 oleh masyarakat. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 57–72.