Pembentukan Karakter di Era Digital dan Media Sosial Bagi Muda Mudi HKBP Rogate Medan

Main Article Content

Mery Lani Purba*
Elisabet Tambunan
Marupa Siregar

Abstract

Pembentukan karakter di era digital dan media sosial bagi kalangan muda adalah isu penting yang perlu diperhatikan secara serius. Era digital dan media sosial telah membawa perubahan signifikan dalam cara komunikasi, interaksi sosial, dan akses informasi bagi generasi muda. Namun, bersamaan dengan manfaatnya, ada juga tantangan dan risiko yang mungkin mempengaruhi pembentukan karakter mereka. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam pebentukan karakter di era digital dan media sosial bagi kalangan muda antara lain: etika bermedia sosial, konten digital dan pengaruhnya, cybersecurity dan keamanan data, manajemen waktu, pendidikan digital, kesadaran media, dan Pendidikan karakter. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, diharapkan generasi muda dapat memanfaatkan teknologi digital dan media sosial secara bertanggung jawab, membangun karakter yang kuat, dan menjadi anggota masyarakat yang berkontribusi positif dalam era digital yang terus berkembang ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Best, P., Manktelow, R., & Taylor, B. (2014). Online communication, social media and adolescent wellbeing: A systematic narrative review. Children and Youth Services Review, 41, 27-36.

Fitriani, S. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ekuilibrium, 17(1), 59-68.

Ikhsan, F. Edukasi Digital: Menanamkan Nilai Karakter pada Anak di Era Digital

Kurniasari, D. Parenting Digital: Mengasah Karakter Anak di Era Digital

Malihah, E. Pembentukan Karakter Anak di Era Digital

Mardia, A., & Madkur, A. (2019). Pembentukan Karakter Anak dalam Belajar pada Masa Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 89-98.

Moreno, M. A., Jelenchick, L. A., Egan, K. G., Cox, E., Young, H., Gannon, K. E., & Becker, T. (2011). Feeling bad on Facebook: Depression disclosures by college students on a social networking site. Depression and Anxiety, 28(6), 447-455.

Permata, S. R. Karakter Digital: Membangun Akhlak Anak dalam Menghadapi Era Digital

Rosidin, U. (2018). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1-13.

Salim, A., & Lasmawati, M. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 243-251.

Sanita, V. (2019). Karakter Generasi Muda dalam Era Digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 44-54.

Sjafri, A. V. Media Sosial dan Generasi Muda: Tantangan dan Dampaknya bagi Pembentukan Karakter