Workshop Pembuatan Berita Online Sebagai Media Edukasi SMAN 1 Berastagi

Main Article Content

Riah Ukur Ginting
Hestina
Erdiana Gultom
Indra Masmur

Abstract

Pendidikan sekolah menengah atas adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia yang dilaksanakan setelah lulus dari sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat. Pendidikan ini dapat meningkatkan kualitas dan mencetak generasi kehidupan bangsa melalui pembelajaran yang diberikan oleh para guru serta praktisi terkait yang menjadi peran dalam memberikan pembelajaran sebagai acuan siswa dalam belajar di lingkungan sekolah. Berbagai kegiatan yang dibutuhkan antara lain : membuat berita online tentang kehidupan organisasi siswa di sekolah dan memberikan informasi kepada siswa bagaimana cara meningkatkan proses pembelajaran yang tepat dan berguna serta membantu guru dan siswa dalam menggunakan berita online seperti kompasiana sebagai media pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini harus mempunyai alamat email untuk bisa bergabung di kompasiana. Untuk mempersiapkan hal tersebut, Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia dalam melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan melaksanakan workshop pembuatan berita online sebagai media edukasi SMAN 1 Berastagi. Materi yang diberikan adalah : Pengunaan kompasiana sesudah pandemi covid-19 pada SMAN 1 Berastagi. Kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada guru maupun siswa untuk menggunakan berita online sebagai media edukasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

li Akbar Lubis*1, M. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dengan Sparkol Bagi Guru SMPN 27 Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 597-601.

Munirah, S. d. (2019). RETORIKA PENULIS ARTIKEL DI MEDIA ONLINEKOMPASIANA. Jurnal Ilmiah Korpus, 313-326.

Ngatman, N. (2022). Evaluasi pembelajaran penjasorkes (PJOK) saat pandemi Covid-19 SMP Negeri Se-Kabupaten Sleman tahun 2022. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 144-154.

Nur, A. S. (2021). POTRET PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 27-35.

Patih, T. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal dan Penilaian Daring Bagi Guru SMP dan SMA di Desa Lembo Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Pengabdian MIPA dan Pendidikan MIPA, 89-83.

Riah Ukur Ginting, H. E. (2021). PELATIHANGOOGLE DRIVESEBAGAIMEDIAPENYIMPANAN BAGI PENDIDIK. Jurnal Abdimas Mutiara, 56-60.

Riah Ukur Ginting, H. E. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Di SD Negeri060933 Kotamadya Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 58-63.

Riah ukur Ginting, H. G. (2023). Edukasi trello bagi guru di SDN 060937 di Kotamadya Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 108-112.

Saphira, W. (2020). Budaya Partisipasi Penulisan Berita Pada Media Komunitas Virtual Kompasiana. Jurnal Studi Jurnalistik, 1-21.

Widjojoko. (2022). Pendampingan Proses Pembelajaran Siswa secara Blended Learning dan Pemanfaatan PowerPoint sebagai Media . Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 116-125.