Antenatal Care Dalam Mempersiapkan Ibu Bersalin Normal

Main Article Content

Christina R Nainggolan
Elsarika Damanik
Tiara Rajagukguk

Abstract

Perilaku hidup sehat merupakan  sebuah tindakan,sikap, dan pengetahuan yang dapat mencegah terjadinya resiko akibat dari sebuah penyakit, serta mampu melindungi dari ancaman yang menimpa dan menerapkannya terhadap masyarakat. Antenatal care ini merupakan pelayanan kesehatan yang disusun dalam melakukan pengawasan secara rutin terhadap wanita hamil dalam membantu mendeteksi masalah atau komplikasi yang dapat mengancam jiwa, mempersiapkan kelahiran serta memberikan pendidikan kesehatan bagi ibu hamil. Cakupan kunjungan antenatal care (ANC) adanya peningkatan dari tahun 2013 sekitar 70% hingga tahun 2019 menjadi 74,1% (Kemenkes RI,2021,dan Riskesdas,2019). Kesiapan menghadapi persalinan merupakan tindakan yang diperlukan untuk kehamilan dan persalinan. Dalam mempersiapkan persalinan selama hamil ibu perlu mempersiapkan diri sedini mungkin dengan melakukan pemeriksaan kehamilan. Dimana pemeriksaan ibu hamil atau antenatal care (ANC) dilakukan minimal sebanyak 6 kali selama 9 bulan sebagai bentuk komitmen untuk penyediaan layanane sensial bagi Ibu hamil. Dalam pelayanan ANC ibu dapat melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat seperti klinik bersalin, Rumah Sakit, Puskesmas maupun di klinik bidan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Gitanurani, Y. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapan Persalinan di Puskesmas Jetis I Bantul Yogyakarta. Keperawatan Maternitas.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas, dan Bayi Baru Lahir. Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. Kementerian Kesehatan RI.

Liana. (2021). Kunjungan Pemeriksaan Antenatal Care (Anc) Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. In Bandar Publishing.

Riskesdas. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Zuchro, F., Zaman, C., Suryanti, D., Sartika, T., & Astuti, P. (2022). Analisis Antenatal Care (Anc) Pada Ibu Hamil. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 7(1), 102–116. https://doi.org/10.36729/jam.v7i1.777