Sosialisasi Kandungan Fenol Dan Flavonoid Herba Puguntano (Picriafel Terrae) Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Pharmaca

Main Article Content

Natanael Priltius
Rezza Fikrih Utama
Antonius Wilson Sembiring

Abstract

Herba puguntano (Picriafel terrae) famili Scropulariaceae, merupakan tanaman herba tahunan yang berfungsi sebagai obat tradisional untuk mngobati demam, diare, dan diabetes. Kandungan utama dalam herba puguntano yaitu senyawa metabolit fenol dan flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa fenol dan termasuk salah satu metabolit sekunder pada tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan. Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi kepada siswa sekolah menengah kejuruan farmasi pharmaca medan mengenai kandungan fenol dan flavonoid herba puguntano sebagai pengobatan. Hasil Kegiatan pelaksanaan ini memberikan informasi tentang kandungan fenol dan flavonoid herba puguntano sebagai pengobatan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Kesimpulan dari kegiatan sosialisasi ini dapat terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapatkan sambutan baik dari Kepala sekolah, para pengajar dan siswa- siswi yang sekiranya mendapatkan informasi serta pngetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Banjarnahor, S.D.S., Artanti, N. (2014). Antioxidant Properties of Flavonoid. Medical Journal Indonesia. 23(4): 239-244.

Yanti, S. Saputri, D.S. (2007). Uji aktivitas Antioksidan Ekstrak Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) terhadap 1,1-diphenyl-2- picryhydrazil (DPPH). Jurnal Tambora. 3(2): 16-25.

Sitorus, P., Harahap, U., Pandapotan, M., Barus, T. (2014). Isolation of β-sitosterol From n-Hexane Extract of Picria fel-terrae Lour. Leave and Study of Its Antidiabetic Effect in Alloxan Induced Diabetic Mice. PharmaTech. 6(1):137-141.