SOSIALISASI DAN PENYULUHAN TANAMAN HERBAL BUAH STROBERI (Fragaria x Ananassa Duschesne) SEBAGAI ANTIOKSIDAN BAGI TUBUH

Main Article Content

Dumartina Hutauruk
Manahan Situmorang
Raissa Fitri

Abstract

Tanaman stroberi (Fragaria x ananassa Duch.) adalah salah satu tanaman buah di Indonesia dengan daya pikat warna buah merah mencolok, bentuk menarik, serta rasa manis dan segar serta kelebihan lainnya yaitu stroberi sumber senyawa bioaktif yang penting karena mengandung kadar vitamin C, folat dan unsur fenolik yang tinggi. Stroberi memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga prospek untuk dikembangkan di daerah dataran rendah. Budidaya stroberi di dataran rendah untuk skala produksi masih jarang dilakukan disebabkan  adanya kendala faktor iklim seperti  suhu dan intensitas radiasi matahari yang tinggi. Budidaya secara hidroponik, stroberi dapat ditanam dengan pola penanaman vertikal (vertikultur), stroberi yang dihasilkan lebih segar, bersih higienis sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi, perawatan tanaman relatif mudah,  membutuhkan tenaga kerja yang lebih sedikit,  tanaman relatif terhindar dari hama, jamur dan penyakit, ramah lingkungan, perawatan tanaman lebih terkontrol,  penggunaan pupuk lebih hemat, efektif dan efisien. Kesimpulan bahwa penyuluhan budidaya buah stroberi secara hidroponik terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapat sambutan baik dari  para petani dan masyrakat sekitar mendapatkan informasi serta pengetahuan dan menerapkan penanaman buah storberi secara hidroponik dilingkungan rumah masing- masing.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Budiyanto, K. A. M. (2004). Dasar-Dasar Ilmu Gizi. Penerbit Universitas Muhammadiyah. Malang.

Giampieri, F., S. Tulipani, J. M. Alvarez-Suarez, J. L. Quiles, B. Mezzetti, and M. Battino. 2012. The Strawberry: Composition, Nutritional Quality, and Impact on Human Health. Nutrition. January 2012. doi:10.1016/j.nut.2011.08.009

Izzuddin, A. (2016). Wirausaha Santri Berbasis Budidaya Tanaman Hidroponik.Jurnal Pengabdian Masyarakat/DIMAS. 12(2), 351-366.

Orsini F. 2012. Technical manual, urban vegetable production, Hortis - Horticulture in

towns for inclusion and socialization (526476-LLP-1-2012-1, IT GRUNDTVIG-GMP

Roidah, Ida Syamsu. 2014. Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik.

Jurnal Universitas Tuluangung Bonorowo Vol. 1 No.2.