PEMANFAATAN TANAMAN BAYAM DAN KAILAN UNTUK MENINGKATKAN PEMASUKAN MASYARAKAT MEKAR JAYA KABUPATEN LANGKAT

Main Article Content

Rezza Fikrih
Rosina Sitohang
Taruli Rohana Sinaga

Abstract

Sayuran adalah tanaman hortikultura yang pada umumnya mempunyai umur yang relatif pendek, yaitu kurang dari setahun, dan pada umumnya bukan tanaman musiman. Tanaman bayam merupakan salah satu tanaman sayuran yang dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Bayam merupakan bahan pangan sumber protein, vitamin A dan C serta vitamin B dan mengandung garam-garam mineral seperti kalsium, fospor, dan zat besi. Bayam bermanfaat untuk memperbaiki daya kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Tanaman kailan merupakan sayuran yang memiliki nilai jual yang tinggi. Kailin banyak mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk memelihara kesehatan tubuh. Kailan memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya sakit sariawan, dan untuk memperlancar buang air besar. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan informasi dan edukasi pemanfaatan tanaman bayam dan kailan untuk meningkatkan pemasukan masyarakat mekar jaya kabupaten langkat. Hasil kegiatan Pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan tanaman bayam dan kailan untuk meningkatkan pemasukan masyarakat mekar jaya kabupaten langkat. Di mana tanaman bayam dan kailan memiliki nilai jual yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Raksun, A., Merta, W. dan Ilham. 2020. Pengaruh Bokashi terhadap Pertumbuhan Bayam Cabut (Amaranthus tricolor L). J Pijar MIPA. 15(4) : 398-403.

Fatimah, S, 2009 dalam Rohmatika, D., Supriyana., & Ramlan, D. (2016). Perbandingan Pengaruh Pemberian Ekstrak Bayam Hijau Dengan Preparat Fe Terhadap Perubahan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Pasien Puskesmas. Jurnal KesMaDaSka, 62. Hlm 62.

Marmi. (2016). Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm 166-351.

Irianto, 2012. Pertumbuhan Dan Hasil Kailan (Brassica oleraceae) Pada Berbagai Dosis Limbah Cair Sayuran. Skripsi. Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Jambi. Jambi. Hal 19-23.

Warsito heri, Rindiani, Fafa.(2015).Ilmu Bahan Makan Dasar.Nuha Medika: Yogyakarta