PELATIHAN MASYARAKAT AKAN PEMANFAATAN REMPAH-REMPAH SEBAGAI MINUMAN HERBAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN

Main Article Content

Ahmad Gazali
Christica Ilsanna Surbakti
Antonius Wilson Sembiring

Abstract

Minuman herbal merupakan salah satu olahan minuman yang berasal dari bahan alami yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Minuman herbal terbuat dari bahan alami tumbuhan berupa rempah-rempah atau bagian dari tanaman, seperti akar, batang, daun, bunga tanaman. Manfaat minuman herbal adalah untuk tujuan kesehatan salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Sistem imunitas tubuh  sangat berperan penting untuk mempertahankan tubuh tetap dalam kondisi yang sehat sehingga dapat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Tanaman herbal adalah tumbuhan atau tanaman yang mempunyai kegunaan atau khasiat dalam pengobatan kesehatan. Salah satu obat herbal adalah tanaman rempah-rempah. Beberapa contoh rempah-rempah tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan minuman herbal seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, sereh dan rempah tanaman lainnya. Hasil kegiatan pelaksaan program pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat akan pemanfaatan rempah-rempah sebagai minuman herbal untuk meningkatkan daya tahan. Maka masyarakat dapat menambah pengetahuan dan memahami potensi rempah-rempah yang ada disekitarnya untuk diolah menjadi minuman herbal yang digunakan untuk meningkatkan data tahan tubuh.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fox, S.I. (2008). Human physiology tenth edition. New York: McGraw-Hill.

Fuji, Novi. 2020. Manfaat Empon-Empon untuk Kesehatan, Tingkatkan Imunitas Tubuh.

Helmalia, A.W. and Dirpan, A. (2019). Potensi Rempah-Rempah Tradisional Sebagai Sumber Antioksidan Alami Untuk Bahan Baku Pangan Fungsional). Canrea Journal: Food Technology, Nutritions, and Culinary Journal, pp.26-31.

Irianto, K. (2012). Anatomi dan fisiologi. Bandung: Alfabeta.

Mulyani, H., Widyastuti, S.H. and Ekowati, V.I. (2016). Tumbuhan herbal sebagai jamu pengobatan tradisional terhadap penyakit dalam serat Primbon Jampi Jawi jilid I. Jurnal Penelitian Humaniora UNY, 21(2), p.124817

Widyantari, A. S. S. (2020). Formulasi Minuman Fungsional Terhadap Aktivitas Antioksidan. Widya Kesehatan, 2(1), 22-29.