SOSIALISASI SEDIAAN GEL TANAMAN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) SEBAGAI PENYEMBUH LUKA PADA MASYAKAT SEKITAR STABAT LAMA

Main Article Content

Monica Suryani
Nina Fentiana
Hestina Hestina
Tumpak Rudi Aman Manik

Abstract

Gel adalah sistem dispersi semipadat yang terdiri dari molekul kecil atau besar dalam pembawa air yang memberikan jellylike dengan penambahan dari gelling agent. Jeruk purut memiliki banyak manfaat diantaranya adalah air perasan daging buah jeruk purut dapat digunakan sebagai obat batuk, obat kulit, dan antiseptik. Selain itu buah jeruk purut digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, pengharum tepung tawar, dan pencuci rambut. Minyak atsiri kulit jeruk purut memiliki bobot jenis 0,8766 g/cm3 , indeks bias 1,4730, angka asam 0,8275, dan kadar minyak 2,13%. Jeruk purut memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam tubuh berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini disebabkan vitamin C dapat memengaruhi produksi sel darah putih dalam tubuh yang bisa membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Miftahendrawati. 2014. Efek antibakteri ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix) terhadap bakteri Streptococcus mutans. Skripsi. Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hasanuddin, Makasar.

Ansel, H.C., Popovich, N.G., Allen, L.V., 2011, Pharmaceutical Dosage Form and Drug delivery System Ninth Edition, London, New York, 225-235.

Aji, Y. M., Utami, R., Kawiji, dan Khasanah, L. U. 2015. Pengaruh perlakuan pendahuluan terhadap karateristik mutu minyak atsiri daun jeruk purut (Citrus hystrix D. C.). Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 4(2): 48 – 55.

Kawiji, dkk. 2015. Ekstraksi Maserasi Oleoresin Daun Jeruk Purut (Citrus hystrix DC) : Optimasi Rendemen Dan Pengujian Karakteristik Mutu. AGRITECH, Vol. 35, No. 2, Mei 2015. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.