Pemanfaatan Tanaman Obat Daun Kemangi Sebagai Antibakteri Di Pusat Kesehatan

Main Article Content

Rialita Lifiani
Manahan Situmorang
Jon Kennedy Marpaung

Abstract

Kemangi (Ocinum citriodorum Vis.) merupakan tanaman yang daunya biasa di makan sebagai lalapan dan memiliki banyak mamfaat. Daun kemangi mengandung metabolit sekunder yang memiliki aktivitas sebabagi antibakteri, seperti flavonoid,tannin,saponin,alkaloid,dan steroid. Kandungan daun kemangi yang bersifat antibakteri adalah minyak atsiri daun kemangi memiliki konsentrasi bunuh minimal (KBM) 0,5% terhadap bakteri S. aureus; 0,25% terhadap bakteri E. coli; dan 2% terhadap bakteri S.epidermis. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kapada Masyarakat ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang pemanfaatan Daun Kemangi sebagai antibakteri alami. Hasil kegiatan pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dalam memanfaatan Daun Kemangi sebagai antibakteri alami. Kesimpulan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah kegiatan sosialisasi telah terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapat sambutan yang baik dari pemerintah setempat dan masyarakat sekitar, sehingga masyarakat di Puskesmas Sambi Rejo, mendapatkan informasi serta pengetahuan dan menerapkan informasi tersebut bagi keluarga dan masyarakat lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Atikah, N. (2013). Uji Aktivitas Antimikroba Ekstrak Herba Kemangi (Ocimum americanum L.) terhadap Staphylococcus aureus dan Candida ablicans. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi.

Jones, M. (2003). Dermatological Effect from Years in the Sun; Compounding Oportunities. International Journal of Pharmaceutical Compounding. 10(5): 336–42.

Kharde, M. N., Wabale, A. S., Adhav, R. M., Jadhav, B. D., Wabale, A. M., dan Pandey, M. (2010). Effect of Plant Extracts on the Fungal Pathogen Causing Leaf Blight of Tomato in vitro. Biology.

Sabrina, T. I., Sudarno, dan Suprapto, H. (2014). Uji Aktivitas Antifungi Perasan Daun Kemangi (Ocimum sanctum Linn.) Terhadap Aspergillus terreus secara In Vitro. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 6(2): 176

Umar, A.N.L. (2011). Perbandingan Ekstrak Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dengan Ketokonazol 2% dalam Menghambat Pertumbuhan Candida sp. pada Kandidiasis Vulvovaginalis. Semarang: Universitas Diponegoro. Skripsi.