Penyuluhan akan Pengolahan Chamomile menjadi Teh Kantong Kemasan sebagai Antioksidan

Main Article Content

Devina Chandra
Ahmad Hafizullah Ritonga
Tumpak Rudi Aman Manik

Abstract

Penduduk Indonesia kurang meminati teh herbal karena kurangnya pengetahuan terutama tentang khasiatnya, cara pengolahan yang tepat, adanya aroma dan rasa pahit atau hambar (tidak berasa) yang biasa muncul dari teh herbal serta kemasan yang kurang praktis dan menarik. Chamomile, mempunyai manfaat untuk mengurangi rasa cemas dan mengatasi insomnia, kandungan flavonoid pada chamomile juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko terkena beberapa penyakit, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, dan lainnya. Kegiatan Pengabdiaan kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait pengolahan teh celup kemasan dari tanaman herbal Chamomile yang memiliki cita rasa aroma yang nikmat sebagai antioksidan alami. Pada kegiatan Pengabdiaan kepada Masyarakat ini dilakukan dengan metode yaitu penyuluhan akan pengolahan chamomile menjadi teh kantong kemasan sebagai antioksidan dalam bentuk pemberikan informasi dan edukasi menggunakan power point. Setelah melaksakan kegiatan pelatihan ini, masyarakat memahami cara melakukan pengolahan chamomile menjadi teh kantong kemasan yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, C.I., Arini, F.A., Fauziyah, A. (2019). Teh Rambut Jagung Dengan Penambahan Daun Stevia Sebagai Alternatif Minuman Fungsional Bagi Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. 8(2):67-73.

Santi, I., Amirah, S., Andriani, I. (2022). Sosialisasi Pembuatan Teh Herbal Dalam Kemasan Teh Celup Pada Kelompok PKK Kalabbirang, Kabupaten Takalar. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 11(1):22-25.

Hambali, E., Nasution, M. Z., Herliana, E. (2006). Membuat Aneka Herbal Tea. Jakarta: Penebar Swadaya.

Srivastava J.K., Gupta S. (2015). Chamomile: A Herbal Agent for Treatment of Disease of the Elderly. Elsevier. 171-183.

Srivastava, J.K., Shankar E., Gupta S. (2011). Chamomile: A Herbal Medicine of The Past with Bright Future. Molecular Medicine Report. 3(6):895-901.