Kegiatan Edukasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Pharmaca Tentang Aktivitas Penghambat Enzim Protease 6lu7 Virus Sars-Cov-2 Dengan Menggunakan Daun Afrika (Venonia Amygdalina Del.)

Main Article Content

Mainal Furqon
Darwita Juniwati Barus
Ruth Christiani N Daely

Abstract

Tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Gejala umum yang timbul dari virus ini adalah bersifat akut, demam, batuk, sulit bernafas, nafas pendek, dan berlanjut pada pneumonia berat. Tanaman Afrika (Vernonia amygdalina) atau yang biasa disebut Daun Afrika,mengandung senyawa Flavonoid yang memberikan efek antioksidan, atherosclerosis dan mempunyai sifat sitotoksik, antipoliferatif, antimalaria dan antiinflamasi. Tujuan dari kegiatan edukasi siswa ini dilakukan untuk memberikan informasi dan sosialisasi tentang aktivitas penghambatan enzim protease 6LU7 Virus Sars-CoV-2. Hasil kegiatan pelaksanaan program pengapdian dalam bentuk edukasi kepada siswa mengenai aktivitas penghambatan enzim protease 6LU7 Virus Sars-CoV-2. Kesimpulan bahwa penyuluhan terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapat sambutan yang baik dari pihak Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Pharmaca Kecamatan Medan Petisah Kota Medan, para siswa sekitar mendapatkan informasi serta pengetahuan dan menerapkan informasi tersebut bagi keluarga dan masyarakat lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aliefman Hakim. (2010.) Diversity of Secondary Metabolites From Genus Artocarpus (Moraceae). Nusantara Bioscience ISEA Journal of Biologi Sciences. 2(3):146-56.

Fafunso, M., Bassir O (1976). Effect of Cooking on The Vitamin C Content of Fresh Leaves and Wilted Leaves. Journal Agricultural Food Chemistry. 24(2): 354-35

Putri, R., Rukmi, M.G.I., Pujiyanto, S. (2015). Produksi Enzim Protease dari A.niger PAM18A Dengan Variasi Ph Dan Waktu Inkubasi. Jurnal Akademika Biologi. 4(2):25-34.

WHO. (2020). WHO Director-General’s Remarks at The Media Briefing On 2019- nCoV on 11 Februari 2020.