SOSIALISASI PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN MINYAK KELAPA MURNI DAN MINYAK INTI SAWIT PADA SEDIAAN HAIR OIL UNTUK PERTUMBUHAN RAMBUT

Main Article Content

Raissa Fitri
Antonius Wilson Sembiring
Sondang Purba

Abstract

Penggunaan kosmetik perawatan rambut merupakan salah satu upaya untuk merawat rambut. Saat ini penggunaan bahan alam dalam sediaan kosmetika semakin disukai karena dianggap tidak mempunyai efek samping. Diantara bahan alam yang mengandungan toksidan dan dapat digunakan untuk rambut adalah minyak kelapa murni dan minyak inti sawit. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kapada Masyarakat ini dilakukan untuk sosialisasi cara pembuatan dan pemanfaatan Minyak Kelapa Murni dan Minyak Inti Sawit menjadi Sediaan Hair Oil untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hasil kegiatan dan Kesimpulan pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat telah terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapat sambutan yang baik dari pemerintah setempat dan masyarakat sekitar, sehingga masyarakat Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mendapatkan informasi serta pengetahuan dan menerapkan informasi tersebut bagi keluarga dan masyarakat lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

B.E. Gea, Formulasi Pewarna Rambut Dari Bunga Rosella (hibiscussabdariffa L.). Skripsi. Fakultas Farmasi, Institut Kesehatan Helvetia Medan. 2015.

T. Aprilia, Uji Picu Pertumbuhan Rambut Kelinci Dengan Ekstrak Etanol Daun Binahong (Anrederacordifolia (Ten.) Steenis). Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung Bandar Lampung. 2017.

V. Priskila, Uji Stabilitas Fisik dan Uji Aktivitas Pertumbuhan Rambut Tikus Putih Jantan dari Sediaan Hair Tonic yang Mengandung Ekstrak Air Bonggol Pisang Kepok (Musa balbisiana). Universitas Indonesia. 2012.

P. Ide, Mencegah Kebotakan Dini. PT. Elex Media Komputindo. 2012.

R.G. Brown, T. Burns, Dermatology, diterjemahkan oleh Zakaria, M.A., Edisi 8, 4-6, Erlangga, Jakarta. 2002.

T. Aburjai, F.M. Natsheh, Plants used in cosmetics. Phytotherapy Research, 17(9). 2003. Setiaji, S. Prayugo, Membuat VCO Berkualitas Tinggi, Jakarta: PenebarSwadaya. 2006.

H. Lucida, Salman, M.S. Hervian, Uji Daya Peningkat Penetrasi Virgin Coconut Oil dalam Basis Krim, Jurnal Sains dan Tekonologi Farmasi, Volume 13 No. 1, 1-6, Padang. 2008.

P.J. Sinko, A.N. Martin, Martin’s Physical Pharmacy and Pharmaceutical Science, 5th Edition, 512, 537, Lippincot Wiliam and Wilkins, Philadelphia. 2006.