PELATIHAN PEMBUATAN KRIM DARI TANAMAN HERBAL DAUN JELATANG DAN SARI LIDAH BUAYA

Main Article Content

Ahmad Hafizullah Ritonga
Manuppak Irianto Tampubolon
Hana Ike Dameria Br. Purba

Abstract

Lidah buaya (Aloe vera) telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Kandungan saponin dalam lidah buaya dapat membersihkan kotoran dari kulit, sedangkan vitamin E dapat melembutkan, melembabkan, dan menyehatkan kulit. Jelatang dan lidah buaya ketika dikombinasi dapat digunakan untuk perawatan kulit dan melembabkan kulit. Tujuan pengabdian ini dilakukan untuk menambah pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan bahan herbal yang berasal dari alam baik dalam bidang pengobatan maupun bidang kosmetik. Setelah melaksanakan kegiatan pelatihan ini masyarakat dapat lebih memanfaatkan daun jelantang dan lidah buaya yang dapat dibuat menjadi sediaan krim.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arpiwi, N. L, Muksin, I.K, Wahyuni, I.G.A.S, Ginantra, Sudatri, N.W, (2019). Pelatihan Pembuatan Body Cream dan Lotion Lidah Buaya (Aloe vera) di Puri Damai Desa Singakerta Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar Bali. Bali: Progam Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Udayana.

Aryantini, D., Agustina, L., Kristianingsih, I., & Kurniawati, E. (2020). Formulasi Dan Karakteristik Fisik Soothing Gel Kombinasi Lidah Buaya dan Buah Naga. Cendekia Journal of Pharmacy, 4(1), 1–9.

Amin, N. Y. Al, Naspiah, N., & Rusli, R. (2018). Formulasi Sediaan Krim Anti Aging Berbahan Aktif Ekstrak Buah Libo (Ficus Variegata, Blume). Proceeding of the 8th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences ,November 2018, 20–21.

Subaidah, W.A., HajrinU., Juliantoni, Y.,(2020). Formulasi dan Evaluasi Sifat Fisik Lotion

Ekstrak Etanol Daun Kemuning (Murraya paniculata (L) Jack) dan Daun Lidah Buaya

(Aloe vera Linn) . Sasambo Journal of Pharmacy, Vol 1(1), 12-16.