PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULTAS FARMASI DAN ILMU KESEHATAN USM-INDONESIA DALAM MEMANFAATAN DAUN ALPUKAT (Persea americana Mille) MENJADI SHAMPO ANTIKETOMBE DAN ANTIJAMUR

Main Article Content

Devina Chandra
Evawani Martalena Silitonga
Frida Lina Tarigan

Abstract

Shampo merupakan salah satu bentuk produk perawatan rambut yang paling umum digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran maupun minyak yang menempel. Daun alpukat mengandung senyawa flavonoid, tanin dan kuinon. Tanin, sebagai   zat pewarna  akan menimbulkan warna cokelat atau  kecokelatan. Kandungan  daun   alpukat antara  lain saponin, alkaloid, flavonoid, polifenol, quersetin yang bersifat antiradang dan   antibakteri. Tujuan penyuluhan ini untuk memberikan informasi dalam memanfaatkan daun alpukat menjadi shampo antiketombe dan antijamur. Hasil pelaksanaan ini pada masyarakat dalam bentuk informasi dan edukasi memanfaatkan daun alpukat menjadi shampo yang penggunaanya lebih sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arene, D. (1977). Rahasia Perawatan Rambut. Terjemahan oleh Dewi, Kartika. LIBRAC.

Fathan, N. Z. N., Kholifa, M. and Suyadi (2014) ‘Pengaruh Konsentrasi Getah Batang Jarak Pagar

(Jathropa Curcas L) Terhadap Pertumbuhan Candida Albicans Secara In Vitro’, Implementation Science, 39(1), pp. 1–15.

Elly Ratna, C. (1978). Teori Dasar Praktek Ahli Keriting: Perawatan Kulit Kepala, Mencuci Rambut, Anatomi Rambut, Cara Potong Rambut, Mengecat Rambut. Surabaya: INDAH.

W., D. S. (2021). Efektivitas Daun Alpukat Untuk Kesehatan . Nusantara Hasana Journal, 1(2), 40-45.