PELATIHAN PEMANFAATAN OBAT HERBAL DARI DAUN PEPAYA SEBAGAI SEDIAAN KOSMETIK

Main Article Content

Artha Yuliana Sianipar
Hestina
Taruli Rohana Sinaga

Abstract

Kosmetik adalah sediaan atau paduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ kelamin bagian luar) yang dapat dibuat dari bahan alami sehingga aman untuk digunakan. Salah satu tanaman yang dapat dijadikan sediaan kosmetik adalah daun pepaya. Daun pepaya (Carica papaya L.) memiliki kandungan papain yang mampu mengatasi jerawat dan dapat melarutkan sel-sel kulit mati yang melekat pada kulit seperti noda dan flek pada kulit wajah. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk memberikan pelatihan tentang pemanfaatan obat herbal dari daun pepaya sebagai sediaan kosmetik. Kesimpulan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pemanfaatan obat herbal dari daun pepaya telah terlaksana sesuai pelaksaan dan rencana, mendapatkan sambutan yang baik. Setelah melaksanakan pelatihan ini, para peserta lebih memahami bahwa sediaan kosmetik dapat dibuat dari tanaman herbal seperti daun pepaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Erna Setryowati. (2018). Perawatan Wajah Berbahan Masker Herbal Daun Pepaya Dan Jagung Untuk Usia 20-50 Tahun. Teknobuga Vol. 6 (1): 11.

Milind, P., dan Gurditta. (2011). Basketful Benefits of Papaya. IRJP. Vol. 2, No.7, hlm: 6-12.

Rahayu, Debrina Ika. (2013). Pengaruh Penambahan Berbagai Komposisi Kayu Manis dan Madu dalma Pembuatan Acne Lotion Terhadap Penyamaran Noda Jerawat pada Kulit Wajah Berminyak. E-Jurnal 02(03): 99.