SOSIALISASI PENGGUNAAN DAN PENCEGAHAN EFEK SAMPING OBAT HERBAL PADA IBU HAMIL DAN MENYUSUI

Main Article Content

Denny Satria
Ahmad Hafizullah Ritonga
Zuhairiah

Abstract

Obat herbal adalah obat yang berasal dari tumbuhan yang diproses atau diekstrak dalam berbagai bentuk. Obat herbal dapat menyembuhkan penyakit dengan efek samping yang minim karena terbuat dari bahan-bahan alami. Efektivitas dan efek samping pengobatan herbal sebagai upaya pelayanan kesehatan masih perlu dibuktikan, khususnya jika digunakanoleh ibu yang sedang hamil dan menyusui. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi penggunaan dan pencegahan efek samping dari obat herbal pada ibu hamil dan menyusui. Hasil kegiatan sosialisasi ini adalah masyarakat lebih mengetahui penggunaan dan pencegahan efek samping obat herbal pada ibu hamil dan menyusui.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Barnes, L. A. J., Barclay, L., McCaffery, K., & Aslani, P. (2019). Factors influencing women’s decision-making regarding complementary medicine product use in pregnancy and lactation. BMC Pregnancy and Childbirth, 19(1), 1–14.

BPOM. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2014: Persyaratan Mutu Obat Tradisional. Bpom; (2014).

Dwiprahasto I. Pemakaian obat pada kehamilan dan menyusui. Yogyakarta: Bagian Farmakologi dan Toksikologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; 2006.

Ernst E. Herbal remedies for depression and anxiety. Advances in Psychiatric Treatment. Cambridge University Press; 2007. 13(4): 312-6.

Katno SP. Tingkat manfaat dan keamanan tanaman obat dan obat tradisional. Yogyakarta: Balai Penelitian Tanaman Obat Tawangmangu Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada; 2006.

Parwata IM. Bahan Ajar: Diktat Obat Tradisional. Bali: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Udayana; 2016.

Wulandari Z, Ugiarto M, Hairah U. Sistem informasi obat-obatan herbal. Inf Manag Educ Prof. 2017.