SOSIALISASI EFEK SAMPING PADA OBAT HERBAL DAUN GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) DENGAN PENYEDUHAN

Main Article Content

Cut Masyitah Thaib
Nina Fentiana
Kesaktian Manurung

Abstract

Tanaman gambir (Uncaria Gambir Roxb) merupakan tanaman yang tumbuh didaerah tropis. Tanaman ini pantas menyandang gelar tanaman serbaguna, karena tidak hanya digunakan untuk  penyirih,  tetapi juga berbagai jenis industri seperti industri minuman, kosmetik, obat-obatan, dan lain-lain. Daun gambir mengandung senyawa fungsional yang termasuk dalam golongan senyawa polifenol dan senyawa ini merupakan hasil metabolit sekunder tanaman yang menyusun golongan tanin. salah satu yang termasuk dalam senyawa polifenol adalah flavonoid. Kandungan utama pada tanaman gambir adalah katekin. Katekin merupakan senyawa yang paling tinggi kadar nya di dalam tanaman gambir sekitar 7-33%. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi efek samping obat herbal daun gambir dengan penyeduhan. Kesimpulan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah sosialisasi efek samping obat herbal daun gambir dengan penyeduhan telah terlaksana sesuai pelaksaan dan rencana, mendapatkan sambutan yang baik. Setelah melaksanakan pelatihan ini, para peserta lebih memahami bahwa penyeduhan daun gambir memiliki efek samping.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Nazir, N. (2000). Gambir Budidaya, Pengolahan, dan Prospek Diversifikasinya. Padang. Yayasan Hutanku. 139 hal.

Depkes, RI. (1995). Farmakope Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Hal. 840.

Depkes, RI. (1995). Materia Medika Indonesia. Jilid Keenam. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Hal. 297-337.

Rukmana, H.R., Yudirachman, H.H. (2016). Farm bigbook : budi daya & pascapanen tanaman obat unggulan. Edisi I. Yogyakarta : Lily Publisher. Halaman 2.

Setiabudy, R. (2007). Pengantar Antimikroba dalam Farmakologi dan Terapi. Jakarta: FK UI. Hal. 585

Silva, O., Santana, E.F., Saraiva, A.M., Coutinho, F.N., Castro, R.H., Pisciottano