PEMANFAATAN TUMBUHAN SIRIH CINA (Peperomin pellucida L.) SEBAGAI PENGOBATAN ANTI INFEKSI

Main Article Content

Jhon Kennedy Marpaung
Darwita Juniwati Barus
Rosina Sitohang

Abstract

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen, dan bersifat sangat dinamis. Penyakit infeksi dapat diobati dengan penggunaan antibiotik. Selain masalah ini, antibiotik kadang-kadang dikaitkan dengan efek samping yang termasuk hipersensitivitas, Pemanfaatan bahan alam yang berasal dari tumbuhan sebagai obat tradisional Indonesia untuk menangani berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah tanaman yang dapat dijadikan sebagai pengobatan infeksi, yaitu tanaman sirih Cina. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi dan pengenalan pemanfaatan sirih cina  sebagai antinfeksi. Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Taman Getsemane Kasih Medan. Hasil Kegiatan pelaksanaan ini memberikan informasi tentang manfaat tumbuhan sirih cina sebagai antibakteri. Kesimpulan dari kegiatan sosialisasi ini dapat terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapatkan sambutan baik oleh anak-anak di Panti Asuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Angelina, M., Puteri, A., Muchammad, I., Lia, M., & Muhammad, H. 2015. Karakterisasi Ekstrak Etanol Herba Ketumpangan Air (Peperomia pellucida L. Kunth). Biopropal Industri Vol.6 No. 2, 53-61.

Kowti, R,. Dkk. 2010. Antimicrobial Activity of Ethanol Extract of Leaf and Flower of Spathodea campanulata P. Beauv. RJPBCS. Karnataka.

Mazni, R. 2008. Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Umbi Bidara Upas (Merremia mammosa chois) Terhadap Staphylococcus aureus Dan Escherichia coli Serta Brine Shrimp Lethality Test. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: Fakultas Farmasi UMS Surakarta.

Putrajaya, F., Hasanah, N., & Kurlya, A. (2019). Daya Hambat Ekstrak Etanol Daun Suruhan (Peperomia pellucida l.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Penyebab Jerawat (Propionibacterium acnes) Dengan Metode Sumur Agar. Edu Masda Journal, 3(2), 123–140. https://doi.org/10.52118/edumasd a.v3i2.34