PENYULUHAN TEH CELUP DAUN GAMBIR DENGAN DISEDUH MENGGUNAKAN AIR HANGAT MENGANDUNG CEMARAN BAKTERI

Main Article Content

Kesaktian Manurung
Evawani M Silitonga
Ruth Christiani N Daely

Abstract

Teh  herbal  merupakan  teh  yang  berasal dari hasil pengolahan bunga, biji, daun, kulit dan  akar dari tanaman  yang dapat dikonsumsi dalam bentuk tunggal maupun campuran dan saat ini banyak dikonsumsi  oleh masyarakat karena bahan bakunya lebih mudah didapat dan khasiatnya lebih beragam. Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan menjadi teh herbal adalah daun gambir tetapi jika dibiarkan terlalu lama terendam didalam air hangat akan menyebabkan cemaran bakteri. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk memberikan penyuluhan tentang teh celup daun gambir dengan diseduh menggunakan air hangat mengandung cemran bakteri. Kesimpulan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah penyuluhan teh celup daun gambir telah terlaksana sesuai pelaksaan dan rencana, mendapatkan sambutan yang baik. Setelah melaksanakan pelatihan ini, para peserta lebih memahami bahwa teh celup daun gambir dapat mengandung cemaran bakteri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hambali, E., A. Suryani, dan M. Rivai. (2005). Membuat Sabun Transparan Untuk Gift Dan Kecantikan. Penebar Plus. Jakarta.

Amos, H. Henanto, S. Royaningsih, dan F. Laura. (2005). Kandungan Catechin pada Gambir. Makalah pada Seminar Nasional ke XVII & Kongres ke X Perhimpunan Biokimia & Biologi Molekuler Indonesia di Pekanbaru, Riau.